Cara Sederhana Mengatasi Anak Dengan Gizi Buruk

Ajarkan Modisco Untuk Gizi Buruk

Badan Koordinasi Keluarga Berencana DKI Jakarta menyebutkan, hingga Agustus 2006 tercatat 9.253 anak balita yang berat badannya di bawah garis merah atau gizi buruk (Kompas 5 Agustus 2006).

Gizi buruk saat ini memang tengah jadi sorotan. Permasalahan ini seolah menjadi masalah klasik bangsa ini sejak dulu. Gizi buruk di masa ini bukan saja disebabkan karena masalah ekonomi. Kurangnya pengetahuan, pendidikan serta wawasan masyarakat akan pentingnya asupan makanan yang cukup nutrisi menjadi penyebab lain bertambahnya angka kejadian gizi buruk. Balita yang menderita gizi buruk, terkadang  disebabkan karena pola asuh yang kurang benar.

Gizi dan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak. Sebaiknya orang tua tetap mengusahakan agar anaknya mendapatkan yang terbaik. Karena mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecacatan otak, keterlambatan pertumbuhan, dll, lebih baik dari pada harus menghadapi pengobatan dengan tindakan rawat inap untuk anaknya. Selain biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar, pertumbuhan anak pun tak akan optimal. Beberapa pasien gizi buruk datang ke tempat pelayanan kesehatan dengan keadaan sudah parah. Beberapa lagi tak membawa anaknya ke rumah sakit atau puskesmas karena alasan malu atau tak punya biaya. Nutrisi yang baik bukan berarti harus disertai dengan bahan-bahan yang mahal tetapi usahakan komposisi 50 % karbohidrat, 30% lemak, 20% protein dengan vitamin dan mineral ada dalam menu sehari-hari. Asalkan nutrisi yang diberikan seimbang, seorang anak bisa mendapatkan kebutuhan gizi yang diperlukan tubuhnya.

Untuk itu diperlukan cara yang sederhana untuk mengatasi Gizi Buruk ini, salah satunya adalah mengajarkan dan menyebarluaskan  informasi pembuatan MODISCO. MODISCO (Modified Disco) adalah minuman bernilai gizi tinggi, mudah dicerna, kaya kalori dan protein.Modisco terdiri dari bahan-bahan lokal yang mudah diperoleh dan dibuat serta dapat diolah dalam beraneka ragam masakan dan minuman. MODISCO diperuntukan kepada orang-orang dengan keadaan dimana membutuhkan tambahan protein dan kalori karena infeksi menahun, masa penyembuhan dari penyakit berat, kesulitan makan karena adanya kelainan bawaan, sebagai makanan tambahan untuk anak sehat yang kurus, menghadapi ujian, dan pada orang-orang yang melakukan olahraga berat dan tentu saja sebagai minuman pada penderita gizi buruk.Poli gizi di Puskesmas Simpang Empat mengajarkan pembuatan Modisco III yang baik dikonsumsi pasien gizi buruk. Modisco ini terdiri dari bahan-bahan yang mudah dan murah didapat, antara lain :

12 gr / 1 setengah sendok makan full cream milk

100 cc susu segar

7,5 gr gula pasir

5 gr margarine

cara membuat :

susu bubuk dicampur gula dan minyak / margarine cair, kemudian diberi air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur. Kemudian disaring. Minuman ini bisa langsung diminum. Atau supaya lebih tahan lama dapat di-tim dahulu selama 15 menit, baru diminum (* dalam 100cc Modisco mengandung 130 kalori, 3 gr protein, dan 7,5 gr lemak).

Modisco dapat dihidangkan sebagai minuman sehari-hari, campuran es krim, dicampur dengan bubur kacang hijau atau kolak pisang, sebagai campuran puding agar-agar atau roti, dan sebagainya. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi MODISCO, Modisco tidak dapat diberikan pada anak bila gemuk, dan penyakit ginjal, hati (kuning), jantung tanpa atau dengan konsultasi dokter. Untuk bayi, Modisco baru boleh diberikan saat bayi berusia 6 bulan.

About these ads

2 Komentar

  1. cara lain mengatasi gizi buruk adalah dengan menggunakan formula WHO, keunggulan formula ini adalah mudah di buat serta ekonomis, memiliki kandungan Energi dan protein tinggi sehingga cocok sbg terapi gizi buruk,bahan2ya adalah 1sdm su2 skim,1/4 gula pasir, 1/4 minyak sayur dan 5 ml larutan elektrolit (oralit) dan air hangat 250 m, cara membuat campurkan semua bahan tersebut dan seduh dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil di aduk2 supaya homogen. l

    • Terimakasih banyak juga atas masukan nya..salam…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 297 pengikut lainnya.