Kenapa Aku Batuk Darah???

Batuk darah atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan hemoptisis adalah ekspetorasi darah akibat perdarahan pada saluran napas di bawah laring atau perdarahan yang keluar ke saluran napas di bawah laring.

Batuk darah merupakan tanda atau gejala dari penyakit dasar. Maka penyebabnya harus segera ditemukan dengan pemeriksaan yang seksama.

Etiologi :
- Infeksi : TBC, bronkiektasis, pneumonia, abses paru, aspergillosis
- Tumor : Karsinoma paru
- Kardiovaskuler : mitral stenosis, ruptur aneurisma toraksik, malformasi arteriovenous
Darah yang berasal dari muntah darah adalah dari saluran pencernaan. Seperti muntah pada umumnya, muntah darah (atau yang dikenal dengan istilah kedokteran hematemesis) didahului oleh adanya aliran balik dari pergerakan saluran pencernaan dan dapat diikuti oleh mual. Darah yang keluar dapat tercampur oleh sisa makanan lain. Warna darah bisa merah segar atau kehitaman.

Sedangkan untuk batuk darah berbeda. Darah berasal dari saluran pernapasan. Warna darah merah segar dan tampak bercampur dengan lendir dan tampak berbusa karena adanya gelembung – gelembung udara.

Apa saja yang dapat menyebabkan batuk darah?

Saluran pernapasan terdiri dari berbagai saluran dimulai dari rongga hidung sampai saluran – saluran kecil alveoli di paru – paru. Pada setiap saluran ini terdapat pembuluh darah. Umumnya penyebab terjadinya pendarahan sehingga terjadi batuk darah adalah karena robeknya lapisan saluran pernapasan sehingga pembuluh darah di bawahnya ikut sobek dan darah mengalir keluar. Adanya cairan darah kemudian dikeluarkan oleh adanya reflex batuk.

Hal – hal yang sering menyebabkan terjadinya batuk darah antara lain :

* Adanya infeksi saluran pernapasan

Di Indonesia, penyakit TBC merupakan penyebab batuk darah karena infeksi yang paling sering (30%). Diikuti dengan pneumonia, dan penyakit saluran pernapasan yang disebabkan jamur (penyakit ini lebih sering diderita oleh orang yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh seperti penderita AIDS)

* Kanker (15%)
* Penyebab lainnya seperti adanya trauma saluran pernapasan

Hal ini terutama lebih sering dialami oleh anak – anak yang secara tidak sengaja menelan benda – benda tajam.

* Penggunaan obat – obatan tertentu seperti obat anti pembekuan darah.

Apakah batuk darah selalu menandakan keadaan gawat?

Saat mengalami batuk darah, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan kesehatan untuk mencari penyebab batuk darah dan mengatasinya. Namun, Anda tidak perlu panik, karena tidak semua batuk darah menandakan keadaan mengancam jiwa. Hal ini dilihat dari berapa jumlah darah yang dibatukkan. Dikatakan batuk darah hebat apabila jumlah darah yang dibatukkan melebihi 300ml (kira – kira setengah botol air mineral ukuran sedang) dalam 24 jam. Semakin banyak jumlah darah yang dibatukkan apalagi dalam waktu yang singkat, maka keadaan semakin berbahaya.

Ada beberapa keadaan pengecualian, misalnya terdapat sumbatan saluran napas sehingga darah tidak dapat dibatukkan. Keadaan ini lebih berbahaya, karena darah tidak dapat dikeluarkan dan memperparah sumbatan saluran pernapasan. Selain itu, orang yang bersangkutan tidak menyadari adanya pendarahan saluran napas karena darah tidak ’keluar’.

Tanda – tanda lain yang dapat membantu menentukan apakah keadaan pasien dengan batuk darah dalam keadaan gawat antara lain :

* Kepala terasa ringan seperti melayang
* Haus
* Pasien bernapas dengan cepat (lebih dari 24 kali per menit)

Dengan demikian, tidak semua batuk darah digambarkan tingkat kegawatannya melalui jumlah darah yang dibatukkan, maka apabila Anda mengalami batuk darah, sebaiknya segera mencari pertolongan.

Batuk darah karena TBC ?

Apakah semua batuk darah disebabkan karena penyakit TBC ?
Belum tentu.
Apakah TBC menyebabkan batuk darah ?
Batuk darah bisa merupakan salahsatu dari sekian gejala dari TBC, tapi biasanya itu merupakan gejala lanjut.
Apa bedanya batuk darah yang disebabkan karena TBC dengan batuk darah karena penyakit lain?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa batuk darah dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit.
Bisa oleh karena infeksi kuman Tuberculosis ( dikenal oleh penyakit paru/ TBC) , atau bisa juga karena kelainan jantung, atau karena infeksi lainnya juga bisa.
Batuk darah karena penyakit TBC biasanya disertai oleh keluhan lain, seperti nafsu makan berkurang, demam yang tidak terlalu tinggi, badan terasa lebih berkeringat (terutama saat tidur malam hari), dan penurunan berat badan.

Paru dengan infeksi TBC (lingkaran merah) pada paru kanan dan kiri

Paru dengan infeksi TBC (lingkaran merah) pada paru kanan dan kiri

Untuk mengetahui apakah batuk darah disebabkan karena TBC diperlukan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan dahak (=sputum) dan foto rontgen dada.

Pengobatan yang diberikan untuk TBC biasanya golongan antibiotika khusus, seperti Isonizid/INH, Rifampisin, Etambutol, Streptomisin, yang bisa didapatkan gratis melalui Puskesmas /Rumah Sakit (karena disubsidi langsung oleh WHO).
Antibiotika ini juga bisa didapat jika berobat lewat praktek dokter pribadi tapi biayanya cukup mahal loh.

Penggunaan antibiotika pada penyakit TBC harus berupa kombinasi 2 macam obat atau lebih, untuk mencegah kuman TBC kebal / resisten terhadap pengobatan ini.
Secara global, kuman yang sudah kebal terhadap pengobatan antibiotika atau disebut MultiDrug Resisten TB, mengakibatkan penyakit TB semakin sulit untuk disembuhkan.

Kekebalan kuman TB bisa disebabkan karena :
1. Pengobatan yang tidak tuntas / putus tengah jalan.
Karena lamanya jangka waktu terapi TB (bisa 6 bahkan 9 bulan) banyak penderita TB yang memutuskan menghentikan pengobatan begitu gejala batuknya hilang.
Ini berbahaya karena sesungguhnya kuman TB masi ada didalam paru, sehingga jika pengobatan tidak selesai, suatu saat bisa kambuh/ relaps lagi, tetapi sudah tidak mempan dengan pengobatan antibiotik yang terdahulu.

2. Efek samping dari pengobatan / terapi TB sendiri
Antibiotika untuk TB atau OAT (=Obat Anti TB) memang ada beberapa efek samping yang bisa mengkhawatirkan pasien untuk meneruskan minum obat.
Diantaranya ikterus (sklera bola mata kuning), hepatitis karena dosis obat terlalu besar (mengakibatkan mual), tuli (saraf pendengaran terganggu), dan sebagainya.
Yang perlu diketahui, jika terasa timbul efek samping, sebelum menghentikan pengobatan harus berkonsultasi dengan petugas medis terlebih dahulu.
Tidak selalu OAT harus dihentikan, mungkin diganti jenisnya, atau dikurangi dosis pemakaian juga bisa menghentikan efek samping tersebut

56 Komentar

  1. tanya : mama saya kmrn batuk darah tp g banyak darah yang keluarnya. apakah mama saya kena tbc paru

    • Salah satu tanda dari Penyakit T.B.C. atau K.P. (Koch Pulmonum) adalah adanya batuk (lebih dari 2 minggu / kumat-kumatan) yang disertai darah (hemoptisis). Kami sarankan agar anda membawa Mama anda untuk diperiksakan dahaknya di Puskesmas atau Laboratorium yang menunjang pemeriksaan B.T.A. (Bakteri Tahan Asam). Semoga Mama anda dapat cepat sembuh, terima kasih atas perhatiannya.

  2. Ibu sya sdh lma btk darah,sudah berobat k dokter sampai 10 bulan tidak sembuh2,jdi gmana,saya takut terjadi apa2,dan makanan ap saja yg hrs d jauhi

  3. saya punya teman dia awalnya tidak sering batuk, sekarang jadi mulai sering, hampir tiap hari, kemaren dia batuk mengeluarkan darah, memang tidak banyak, tp apakah teman saya tadi terkena TBC, waktu datangnya batuk sering sore hari…terimakasih mohn penjelasannya

  4. saya lagi sakit batuk selama lebih kurang 10 hari dan belum mengkosumsi obat apapun….dengan ciri-ciri:
    1. berdahak
    2. kerongkongan gatal
    3. terakhir ini dahak bercampur darah sedikit…

    apakah saya menderita penyakit TBC

    • belum tentu Ferry, coba anda minum obat batuk seperti OBH atau lainnya, kurangi makanan gorengan, pedas, es, buah-2an terutama yang banyak airnya, karena semua itu akan meningkatkan jumlah dahak di tenggorokan anda. Jika lebih dari 2 minggu tidak ada perubahan, kami sarankan untuk menghubungi tenaga kesehatan terdekat. Semoga anda cepat sembuh. Amin…

  5. aduhhh… nakutin banget ccc
    jdi gni aku punya pacar,pacar q skit sminggu ktanya disertai batuk n’ muntah^darah gitu kan q jadi khawatir banget ma dia c0z stahu q dy cuma skit magh doang,,,,
    apa mungkin dari sakit magh bisa jadi TBC truz da cara ampuh ngobatinnya nggak????
    please bls yua secepatnya

    • bisa juga muntah darahnya dari perdarahan lambung, karena mungkin Maag yang kronis,atau dari tenggorokan karena perlukaan saat radang tenggorokan. Biasanya batuk darah dari T.B.C. berwarna merah segar, banyaknya bervariasi, batuk lebih 2 minggu, disertai meriang badan, dan adanya kontak degan penderita TB lainnya. Saran kami untuk anda, segera berkonsultasi ke tenaga kesehatan. tapi jangan takut karena sekarang obat T.B.C. gratis didapatkan di Puskesmas terdekat, dan 100% sembuh asal minum sesuai aturan. Kami doakan agar pacar anda dapat segera sembuh. Amin…

  6. Sebelumnya cow q blum pernah btuk2 lbh dari 2ming9u. .
    Tp 3hari yang lalu dia btuk2 campur dahak dan darah,
    hari ke.2 dia baik2 aja
    pas hari KE.3 Dia mgalami batuk darah yang hebat. .
    Tdk hnya kluar dari mulut tapi hidung juga. .
    Waktu dronsen kata dokter positif tbc.
    Pdhl dia tdk menunjukan org yang trkena tbc
    seprti
    btuk 2minggu
    trun napsu makan
    berkrgnya brat bdan..
    Apakah mungkin dokter salah mendiaknosa?
    Kalau sekiranya bkan tbc lalu dia sakit apa?
    Brapa waktu yang dperlukan untuk sembuh total?
    TrimakasiH

  7. Sudah Tiga hari saya mengalami batuk darah, kalau lagi keluar darah terasa ser.. mengalir darah kekerongkongan lalu saya muntahkan ternyata darah segar… bagaimana cara menghentikannya dan adakah obat yang cepat menghentikan darah yang keluar…. satu hari lalu saya ke dokter dikasih obat tapi gak berhenti juga tuh … tolong dong harus bagaimana saya

  8. belakangan ini (2 minggu yang lalu keluarnya sgt sedikit esoknya tidak keluar apa-apa, baru sekarang lendir darah yang keluar semakin sering – kurang dari 100 ml) saya mengeluarkan batuk darah, dada tidak terasa nyeri dan darah yang keluar bersama lendir berwarna merah segar tidak berbuih. selain itu stiap tidur malam, tubuh saya sering berkeringat sedikit.. padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami batuk kronis, cuma flu itu pun sudah lama skali(terakhir bertahun-tahun lalu) belakangan ini saya mengkomsumsi jus wortel segelas tiap hari, nafsu makan baik, berat badan normal… apa penyebabnya? saya khawatir sekali jika sampai didiagnosa penyakit TBC….. Tolong di jawab ya… saya akan sangat berterima kasih… karena biaya dokter jg sangat mahal…. Terima Kasih

  9. saya pernah punya pembantu yang katanya batuk darah & mens tidak berhenti, tapi batuknya tidak sering. apa org tbc selalu sering batuk? apa ada hubungannya antara batuk darah & mens yg tdk berhenti?
    Terima kasih.

  10. assalamualaikum wr. wb.

    saya mw tanya mas, saya batuk udah hampir satu bulan. akhir2 ini setiap bangun tidur suka batuk dan di dahak nya seperti ada sedikit darah, malam nya saya minum teh lo-han-kuo, apa ada pengaruh dari teh tersebut? dan sya sebagai perokok aktive.
    apa kemungkinan saya terkena tbc/hanya batuk di sertai dahak?

    dah jika saya mesti ke orang yang lebih ahli saya harus bilang seperti apa? apa saya harus di ronsen untuk memastikan?

    terima kasih

  11. tahun 2003 suami saya pernah batuk darah yang hebat.keluarnya hampir 2 gelas dan darah segar,langsung opname di RS. Tp hasilnya g ada diagnosa dr dokter,karena dokter dah 3 hari g kunjung datang,dan suami saya pulang .tp batuknya g kambuh lg.namun pada tanggal13 Desember 2009 malam hari sekitar jam 11,tiba-tiba batuk dan keluar darah,langsung lemes.tp g sebanyak th 2003.bw ke puskesmas g ada penanganan.tp 3 bulan lalu dah di rontgen,diagnosanya bronkitis.ditambah lg suami sy selalu pake motor klu kerja untuk perjalanan 2-3 jam.Pertanyaannya :
    1.Apa suami sy TBC?
    2.Sy punya bayi 5 bulan dan anak 4th,apa anak-anak saya harus dijauhi dulu ama ayahnya.dan apa semua perlngkapan makan harus dipisahkan?
    3.anak sy yg pertama waktu 6 bln pernah kena tb, apa gampang kambuh lg
    4.kondisi rumah sy hadap barat,jd g pernah kena matahari.katanya sinar matahari dapat membunuh bakteri tb tsb.apa benar?
    Makasih sy berikan kesempatan untuk bertanya,dan makasih banyak untuk jawabannya nanti

  12. saya ingin bertanya, pacar saya batuk darah sudah lebih bertahun-tahun, sebelum dia menjadi pacar saya dia sering melakukan pengobatan gurah di sukabumi dan setelah itu dia tidak akan batuk darah lagi, namun skarang ini dia jadi tidak pernah ke Sukabumi lagi karena pekerjaannya yang cukup padat. Dia jadi sering batuk darah, kira2 dalam 1 bulan bisa 6-8 kali, seminggu bisa 1-2 kali bahkan 3 kali, batuk darah yang dikeluarkan berwarna merah segar dan kadang dia suka merasakan sakit di bagian ginjal atau pinggang sebelah kanan, kemudian suka merasa sesak nafas dan pandangannya suka kabur. Itu bagaimana ya? apakah dia benar menderita TBC?atau sirosis hati? saya takut dia semakin parah sakitnya, karena dia ngga mau saya bawa ke dokter alasannya karena takut padahal sebentar lagi kita akan menikah. mohon dijawab. terima kasih.

  13. Saya sudah 1 kali dalam setahun mengalami batuk – batuk darah saya sudah berobat, tapi putus karena kekurangan biaya pengobatan.. adakah alternatif lain untuk pengobatan TBC tanpa mengeluarkan biaya yang besar…?
    saya sekali berobat dalam 2 minggu biayanya sampai Rp.500.000,-
    mohon petunjuknya, apalagi saya mengonsumsi obat tersebut badan saya terasa lemah.

  14. maaaf minnggu kmaren saya tiba2 batuk dan mengeluarkan sedkikit darah segar.tapi setelah itu saya batuk darah tidak kleuar lagi .sdh saya periksakan dirotgen gak ada keanehan pada paru2nya.saya punya sakit maag juga.saat gosok gigi atau mencium bau tdk sedap sering ingin muntah.paakah darah itu darai mana yang ??apa hanya radang biasa apakh dari mana ya dokter?/mohon bantuannnya.trm ksh

  15. mama saya lgi sakit, pertama batuk dahak gara2 mkn rmbutan
    cz sekarang batuknya berdarah??
    bahaya gak kira2???
    cz itu udah lama, darahnya cuma segumpalan ajah

  16. 6 bulan lalu suami saya kena flu dan batuk, tiba-tiba dia rasa pengen muntah dan keluar darah banyak banget, setelah itu tidak. kemudian semalam, dia flu jg dan batuk, dikiranya lendir yg kelura ternyata darah lagi tapi ga sebanyak senam bulan lalu itu. sedikit gambaran, suami saya punya usaha distributor bahan bangunan, dan termasuk semen. dan juga ikut ngankat semen. kira-kira suami saya sakit apa ya? dia ga pernah batuk kecuali flu berat.

  17. dok ,tolong ceritakan apa saya yang menyebabkan pernyatan TBC itu,soal nya saya juga pernah batuk mengeluarkan darah napas saya agak sesak .awalnya terjadi saat saya kuliah di ruangan ber- AC ternya AC-nya tidak bersih sehingga saya sasak napas dan dan batuk-batuk dan saat di batukan mengeluarkan darah segar , hal itu terjadi berulang kali.saya sudah ber-robat rumah sakit tapi sampai saat sekarang ini saya masih merasakan gejalanya kadang-2 napas sesak .tolong dok? apa saja yang harus saya lakukan dan saya makan agar ( herbal ) seperti biasa.

  18. 10 hari yang lalu saya batuk darah pada malam hari. 2008 bulan sept saya positip kena TB stl periksa awal diagnosanya radang tenggorokan. bulan maret terapi tb saya sudah selesai dan periksa dahak terakhir menunjukkan hasil negatif. batuk saya yang terakhir disertai dahak itu apakah TB saya kambuh ato bisa karena gejala penyakit lain. saya saat ini sedang hamil jadi saya tdk berani melakukan rontgen ulang baru pada periksa dahak kembali. sering pagi hari ada batuk dg sedikit percikan dahak berwarnaag coklat. kira-kira mendekati gejala penyakit yang mana ya… Untuk makan tetap masuk tp kadang tubuh berkeringat stlh makan.

  19. kemarin sekitar jam 5 kakak aQ BATUK-BATUK.. trus dy muntah katanya dy itu muntah darah..itu pertama kali …sbelumnya dya tdk pernah mengalami itu…
    apakah itu berbahaya?????????.. umur kakakku 19 tahun..

  20. kakak, saya batuk darah. padahal sedang tidur. tapi tiba tiba saja batuk darah, kental dan bewarna merah, tidak banyak, tapi segenggam tangan, itu karena apa ya?? udah seminggu 3x seperti itu, cek up, tapi tidak ada masalah…

  21. ass…
    q mau nanya nih,,,
    pacar q kmrn btk darah tpi sdkt aja,,n dia sering merasakan skt kpla yg sktnya mnta ampun …
    kra2 dia knp yaaa…please dbls yaaaah

  22. ass’……
    to do point aja yah kmrn pcr q batuk darah \,tus kplanya serng skt n ktanya sktnya itu sakit banget,,kra2 dia knp yaah soalnya dia ga mau k’dktr

  23. Slm knal,..
    smalam saya,..batuk mengeluarkan darah bahkan darah tsb kluar melalui hidung…!
    ini baru pertama kali sy mengalaminya,..!
    stiap kali kalau sy batuk pasti slalu mengeluarkan darah.
    mohon bantuan dan anjuran nya.
    terima kasih

  24. kaka saya batuk darah karna ia minum2 an keras selama dua hariberturut turut ia sering batuk darah dan sering mengeluh kepala nya mau pecah.tetapi sekarang dy sudah tidaksering batuk lagi.hanya sesekali saja.apakah kaka sya tr kena penyakit yang serius???

  25. Pacar saya batuk darah lebih dari satu bulan,dan saya baru tahu bkemarin sekarang diya terkena paru” basah…..
    Apa paru” basah bisa di bilang TBC juga???

  26. saya batuk, lalu saya mengeluarkan lendir dn di sertai darah tp hanya dikit… apakah saya terkena TBC ?

  27. Hi,

    Baru 2 hari ini saya batuk yang berdahak dan mengeluarkan dahak (baru 2x). Saya memang ada pilek (kena flu) tetapi batuknya juga ga parah. Cuma sesekali aja.
    Pertanyaan saya, apakah itu bisa disebabkan karena saya sangat kecapek-an atau kurang tidur?

    Trus apa yang menyebabkan seseorang bisa kena TBC? apa karena ditulari?

    Terimakasih,

  28. teman dekat saya sering batuk batuk. kadang berdahak, kadang juga tidak, sudah beberapa kali dya batuk darah lumayan banyak. saat batuk dadanya terasa sakit, dya jga sering berkeringat pda mlm hari, demam tdk terlalu tinggi, ttpi nfsu mknnya ttp terjaga. apakah teman saya menderita tbc ???? dan jika tidak segera d periksa k dokter apa yang akan d alami teman saya tsb ???? apakah hal itu akan berbahaya baginya ???

  29. kmarin saya sbelum tidur minum bandrek,, tiba2 pas saya terlentang saya mrasakan mau batuk,,saya pun batuk tetapi batuk saya thu juga mengeluarkan darah…
    apakah ada hubungannya antara batuk darah dengan bandrek??
    sbenarny saya g yakin ada hubunganny..
    tapi saya mohon penjelasan dr puskesmas….
    1.mengapa saya batuk darah, ketika selesai minum bandrek??
    2.bgm cara mengatasinya??
    3.Obat apa yg harus saya beli,,?
    Mohon penjelasan dr puskesmas…
    Sekian dan terima kasih,,,,

  30. ass..

    Abanxq udah kira2 2 bln ini batuk darah,,,batuk dsertai mimisan,,timbul saat badan abanxq merasa hawanya panas,gerah,,dia lgsung batuk darah,mimisan n dsertai pusing…apkah ini bs dktegorikan TBC?

  31. saya dah lama terkena maag .. akhir2 ni saya sering mual2, pusing, mutah darah segar maupun kehitam2an.. tu pun jg gax sedikit.. lumayan babyak..
    ada apakah sebenarnya??

  32. saya menderita penyakit batuk. dan dahak saya di sertai darah. tapi darahnya ngak terlalu banyak .apa itu penyakit TBC

  33. ayah saya baru batuk kemerin dan langsung mengeluarkan darah!tapi hri hri sebelumnya tak seperti itu!dan sektelah di bawa ke dokter,dya agak mendingan!ayah saya tak batuk lagi!saya mau tanya,apakah ni termasuk penyakit yg gimana dan apa yang ayah lakukansetelah ini?

  34. apa penyakit batuk darah ini bisa menular lewat makanan atau minuman..contoh saya makan atau minum yg dimakan dan di minum yg mempunyai penyakit batuk darah,apa akan menular..??

  35. saya punya adik , namanya risda 16 tahun , dia memounyai keluhan seperti : batuk berdarah yang berulang kali , kadang kadang batuk darah di sertai dengan sesak nafas. apakah adik saya mengalami penyakit TBC DOK ? dan juga tolong di jelasin tentang mekanisme batuk darah dan juga TBC , ya Dok ?

  36. Sudah tiga kali saya batuk disertai darah yang bersatu pada dahak, hari pertama keluar darah ny cukup banyak, dan pada hari esok nya gak keluar darah lagi, tp besok nya keluar lagi tp gak terlalu banyak. Pada keesokan hari nya keluar lagi sedikit. Waktu keluar darah, biasanya pada pagi hari. Pertanyaan saya, apa penyakit yang saya derita???
    Tolong di jawab….

  37. aq dari tanggal 1 bln 11 batuk berdarah,,tapi dahaknya tidk bercampur darah, dahaknya lbih dulu keluar setelah itu aq meludah barulah ludh aqitu bercampur darah itu aq alami sampai tnggal 20an bulan 11,,tapi di tanggal 11an itu aq dah tidak batuk tapi tiba” ada dahak yang mengganjal di tenggorokkan aq,setelah aq kluarkan yah seperti biasa dahak keluar lebih dahulu baru ludah bercampur darah…nah pas tanggal 17tanpa btuk cuma gara” aq nangis dan tahan tangisan aq tau” pas aq meludah ada darahnya jga !!! kira” batuk berdarahnya aq karena apa yh ??? sampai sekarang aq ngerasa selalu ada dahak yang membuat tenggorokan aq gak nyaman saat aq berbicara lama

  38. apa TBC dapat merenggut jiwa..????

  39. [...] tuntas / putus tengah jalan. Karena lamanya jangka waktu terapi TB (bisa 6 bahkan 9 bulan) banyak penderita TB yang memutuskan menghentikan pengobatan begitu gejala batuknya hilang. Ini berbahaya karena [...]

  40. pada bulan juni 2006,tanpa gejala apa2,dan tanpa batuk sebelumnya tiba2 saya batuk dan seperti ada dahak yg ternyata darah, setelah saya konsultasi ke dokter dan di rontgen,dokter mengatakan saya terkena tb paru. Dokter menyarankan saya menjalabi pengobatan selama 6 bulan dan sudah saya penuhi. setelah 6 bulan terakhir saya di rontgen lagi dan dinyatakan bersih. tapi imnggu ini tepatnya tgl 4 januari kejadian itu terulang lagi,saya batuk darah lagi padahal saya tidak sedang sakit.tenggorokan terasa gatal dan seperti ada dahak yang ternyata darah. apa mungkin penyakit itu kambuh lagi,ato ada kemungkinan saya menderita penyakit lain. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  41. kk sy sdh lm kena TBC namun thn 2007 sdh berobat dg TB DOTS, selama 6 bulan mengkomsumsi obat tersebut perasaanx jd lemas n bb menurun, nmn 2010 ini sampai skrg kambuh kembali dg gejala btk, bb turun, nafsu makan krg, susah tidur siang mlm, apa dia kambuh kembali ??? trus apakah dg pemeriksaan ronsen itu ckp ,,,???mohon penjelasanxx, trims sbl n ssdhx…

  42. Beberapa hari yang lampau saya minum air putih dan tanpa sengajatiba-tiba leher saya terasa sakit sampai kelambung, 3 hari yang lampau say pergi untuk penuhi interview dari salah satu perusahaan yang ada di Jak-Sel, sewaktu mau Foto copy ulang KTP dan SIM leher saya terasa seperti tercekik dan kemudian batuk denga disertai drah dan taklama kemudian darah hitam menggumpal seperti cerita Ibu datas ikut terlihat oleh mata saya panik dan tak lama kemudian saya mimisan disertai batuk yang tidak berhenti. Apakah nama penyakit saya? Apakah ini akibat dari tembakau yang suka sekali saya konsumsi dengan cara dirokok dan terkadang dikunyah, karena sulit bagi saya untuk terima kenyataan dan hormat kepada Tuhan YME bilamana ini karena tembakau. Jawaban Ibu sangat saya tunggu yah!

  43. aq kemaren batuk berdahak dan mengeluarkan darah yg merah ketal …dan drah tu sngat bxk??sebelumx aq batuk darah tersebut aq memang sakit kenak imfeksi pda paru2……tpi aq dah periksa ke dokter…dah sudah d bri obat..dan setelah tu….batuk aq gk sembuh2…tetep jach…..padahal obatx udah habis tak minum?.
    .n aq px penyakit jantung lemah……aq mw nxk ?di sebabkan apa…batuk tersebut…n apakah jgak temasuk penyakit tbc……

  44. aq kemaren batuk berdahak dan sambil keluar darah…..darah tersebut merah kental….
    dan sebelum tu aq sakit panas pilek batuk2…dan habis gtu aq periksa k dokter bahwa aq kenak imfeksi pda paru2 pa tenggorokan tu ktax,,,,,,,
    dan aq dah d bri obat,,,,,batuk aq tetep jach…berdahak gk berhenti2 sampek 2 obatx dah habis……gi mana? apakah batuk tu jgak ciri2 penyakit tbc…beri aq penjelsan…..

  45. ass. saya batuk berdahak beserta flu hampir 1minggu.. hari keu4 setiap banguntidur saya batuk dahak nya bercamour darah.. sampe skrang…. itu gejala apa.? trimakasih

    • gejala yg anda sebutkan masih bisa di ketgorikan bermacam2.. tidak ada salahnya diperiksakan dulu lebih lanjut ke puskesmas atau layanan kesehatan terdekat..terima kasih

  46. .. mau tanya nih ,, ayah tiri saya, dulu pernah terserang penyakit tbc ,, terus sudah berobat dan tidak tuntas ,, sekarang kambuh lagy , dengan tanda”batuk berdarah ,, apakah masih bisa diobati ??? mhon dijawab

    • Putri sudah mengatakan di awal bahwa pernah pengobatan tidak tuntas, artinya pasti ada kemungkinan akan kambuh lagi..

      insya Allah masih bisa disembuhkan, dengan memakai pengobatan yang sama (strategi DOTS)
      dengan memakai kategori 1 atau 2
      kalau dulu berobat dimana?
      kalau di Puskesmas atau Rumah sakit, berarti kembali saja ke tempat awal berobat..
      pengobatan TB paru GRATIS.

  47. Assalamu’alakum Wa Rohmatullahi Wa barokatuh !
    Saya mau tanya,apakah penderita bronkiektasis dapat sembuh total?
    Bagaimana cara pengobatannya?

    Terima kasih atas jawabannya….

    • Wassalam mualakum, wr wb….semua penyakt dapat disembuhkan…..tergantung anda aja lagi termasuk orang patuh minum obat apa ngak.biasanya untuk anda yg terlalu sering batuk tenggorokan anda akan menjadi iritasi kemudian dinding tenggorokan akan lecet,dan lecet tersebut akan menimbulkan adanya batuk yg bercak darah …tapi kalo gejala u/ yng batuk malam dalam 1 bulan batuk tersebut dapat di diagnosa batuk TB…. untuk saya anda saran saya agar di bawa kedokter spesialis paru aja dulu dan minum obat secara teratur…..makasih atas pertanyaanya….semoga lekas sembuh.amin

  48. maaf saya mau tanya saya juga mengalami apa itu yang nama nya batuk berdarah tapi kaliini berbeda saya tidak batuk tenggorokan saya juga tidak sakit tapi waktu saya mengalurakan dahak, dahak (lendir) tersebut bercampurdarah.. mula nya cuman sedikt tapi semakin hari saya biarkan semakin banyak kira” ini kena apa??

    • sebaiknya mas sahfar periksakan diri ke Puskesmas biasanya akan diminta dahak untuk diperiksa apakah ada kuman tuberculisis apa tidak kalo tidak mungkin ada perlukaan di daerah tenggorokan trim

  49. Batuk darah atau hemoptoe adalah salah satu gejala tbc. Bila mengalami gejala spt tsb sebaiknya melakukan pemeriksaan penunjang sputum bta dan foto thorax.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 297 pengikut lainnya.