GIMANA YA…CARA MENYAPIH BAYIKU INI? (kumpulan artikel)

Menyapih anak kerap kali merepotkan bagi sang ibu. Anak jadi rewel dan sang ibu kadang merasakan sakit pada payudara karena ASI nya masih produksi namun tidak diberikan kepada sang bayi.

Berikut beberapa cara bagi ibu untuk menyapih anak :
Ada waktu untuk menyesuaikan diri
Ibu berpedoman pada pemberian ASI Ekslusif selama 6 bulan. Bayi diatas 6 bulan sebetulnya sudah bisa disapih. Disapih bukan berarti lepas memberikan ASI sama sekali namun mengurangi pemberian ASI ibu kepada bayi. ASI tetap menjadi asupan utama tapi bayi juga perlu asupan MPASI untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Untuk itu pemberian ASI kepada bayi dikurangi perlahan-lahan agar bayi dapat beradaptasi bahwa sekarang dia tidak sepenuhnya hanya mengkonsumsi ASI saja, namun sudah ada asupan lainnya.
Konsisten
Bayi yang disapih kadang nafsu makannya akan terganggu dan anak menjadi rewel. Dengan kondisi ini ibu sering tidak tega ataupun tidak sabar dan akhirnya kembali memberikan hasil. Tentu saja hal ini akan mengganggu proses penyapihan. Untuk itu ibu harus konsisten, kurangi jam-jam pemberian ASi dan berikan MPASI yang lebih bervariasi.
Sabar
Harus sabar ya bu… bila anak disapih tentu anak itu sendiri pun merasa tidak nyaman ataupun merasa ada sesuatu yang kurang untuk itu diperlukan pendekatan psikologis terhadap anak dan kesabaran yang tinggi dari sang ibu. Jangan cepat marah dan menyakiti secara fisik hal ini justru akan membuat anak tidak mau makan ataupun minum sama sekali.
Gantikan minum dengan dot
Ini untuk memberikan kemiripan minum melalui puting susu. Namun jangan sampai anak suka ngedot sampai usia 2 tahun. Usahakan usia 2 tahun anak sudah tidak minum dengan dot lagi.

Departemen Kesehatan merekomendasikan menyusui dengan ASI adalah sampai enam bulan, dan secara berangsur-angsur diperkenalkan pada makanan sambil tetap melanjutkan ASI. Jika anda tidak dapat memberikan ASI, atau mengkombinasikan antara ASI dan susu formula, maka masih tetap bisa diselingi dengan pemberian makanan padat. Namun jika anda memilih untuk memberikan makanan padat sebelum enam bulan, maka berkonsultasilah dulu pada ahli gizi atau dokter anak. Berikut tahapan pemberian makanan/menyapih pada bayi:

Tahap Pertama

Mulailah dengan perkenalan sendok teh/ atau sendok kecil satu kali sehari. Nasi bubur, dikombinasikan dengan ASI atau susu formula. Bubur buah seperti buah apel, pisang, persik, bubur sayuran seperti kentang, ubi manis, wortel, bayam, brokoli.

Tahap Kedua

Secara berangsur-angsur tambahkan makanan padat menjadi tiga kali sehari. Dilanjutkan dengan makanan sehari-hari dan tambahkan kacang-kacangan yang dilembutkan, plus perbanyak variasi buah dan sayur, seperti alpokat dan sayuran hijau.

Tahap Ketiga

Zat besi yang tersimpan pada enam bulan pertama saat bayi baru lahir akan menjadi permulaan untuk segera habis, oleh karena itu anda memerlukan ekstra pada makanan yang kaya akan zat besi. Mulai sekarang anda dapat memberikan terigu, gandum, tahu, kacang yang dilembutkan, susu, produk susu, yogurt dan sayuran.

Tahap Keempat

Kita bisa memberikan makanan yang bisa dipegang oleh jari-jari bayi, seperti wortel rebus, roti panggang, mentimun kupas, buncis, kentang rebus, roti berbentuk stik, atau keju persegi. Makanan keluarga yang dilembutkan, dicincang atau diiris juga dapat diberikan, asalkan jangan ditambahkan garam.

Menu Harian Sederhana

>Makanan padat untuk permulaan:

makan pagi – ASI dan susu formula

makan siang — 1-3 sendok teh nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula

makan malam — ASI atau susu formula

waktu tidur — ASI atau susu formula

>Setelah 2 minggu

makan pagi — ASI atau susu formula

makan siang — 1-3 sendok teh nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula, bisa juga ditambahakan bubur sayuran atau buah

makan malam — ASI atau susu formula

Waktu tidur — ASI atau susu formula

>Setelah 4-6 minggu

makan pagi — ASI atau susu formula

makan siang — 1-3 sendok makan nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula, bubur buah dan sayuran

makan malam — 1-3 sendok makan nasi bubur bayi dikombinasikan dengan ASI atau susu formula, bubur buah dan sayuran

waktu tidur — ASI atau susu formula. (secara berangsur-angsur ukuran porsi makan bertambah. )

>8-12 bulan

makan pagi — sejenis gandum bayi atau terigu dan sereal

makan siang — pasta dan brokoli di saos keju, manisan buah – buahan, ASI dan susu formula

makan malam – kue kacang bakar dan kentang yang dilembutkan

waktu tidur — ASI atau susu formula

Jenis makanan keluarga yang dapat dilembutkan untuk bayi umur 8-10 bulan :

Kacang-kacangan, soya, kue pastel berisi aneka sayur, keju makaroni, kacang margarin dengan keju, alpokat, kentang, labu rebus, ubi manis pasta tomat, lada dan saos bayam, (ingat jangan menambahkan garam pada makanan bayi anda), puding, manisan buah – buahan , nasi dan puding sagu, buah kering yang direbus.

About these ads

2 Komentar

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com.

    http://orang-tua-anak.infogue.com/cara_menyapih_bayi

    • Terima kasih saudara telah memberikan info tersebut kepada kami, selanjutnya akan kami coba untuk menindaklanjuti saran saudara


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya.