KUMPULAN ARTIKEL TENTANG SINUSITIS

rongga sinus di wajah kita

rongga sinus di wajah kita

Sinusitis
DEFINISI
Sinusitis adalah suatu peradangan pada sinus yang terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri maupun jamur.

Sinusitis bisa terjadi pada salah satu dari keempat sinus yang ada (maksilaris, etmoidalis, frontalis atau sfenoidalis).

Sinus

PENYEBAB
Sinusitis bisa bersifat akut (berlangsung selama 3 minggu atau kurang) maupun kronis (berlangsung selama 3-8 minggu tetapi dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun).

Penyebab sinusitis akut:

  • Infeksi virus.
    Sinusitis akut bisa terjadi setelah suatu infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas (misalnya pilek).
  • Bakteri.
    Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menimbulkan penyakit (misalnya Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae). Jika sistem pertahanan tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang biak dan menyusup ke dalam sinus, sehingga terjadi infeksi sinus akut.
  • Infeksi jamur.
    Kadang infeksi jamur bisa menyebabkan sinusitis akut.
    Aspergillus merupakan jamur yang bisa menyebabkan sinusitis pada penderita gangguan sistem kekebalan.
    Pada orang-orang tertentu, sinusitis jamur merupakan sejenis reaksi alergi terhadap jamur.
  • Peradangan menahun pada saluran hidung.
    Pada penderita rinitis alergika bisa terjadi sinusitis akut. Demikian pula halnya pada penderita rinitis vasomotor.
  • Penyakit tertentu.
    Sinusitis akut lebih sering terjadi pada penderita gangguan sistem kekebalan dan penderita kelainan sekresi lendir (misalnya fibrosis kistik).

    Penyebab sinusitis kronis:

  • Asma
  • Penyakit alergi (misalnya rinitis alergika)
  • Gangguan sistem kekebalan atau kelainan sekresi maupun pembuangan lendir.
  • GEJALA
    Gejala khas dari kelainan pada sinus adalah sakit kepala yang dirasakan ketika penderita bangun pada pagi hari.

    Sinusitis akut dan kronis memiliki gejala yang sama, yaitu nyeri tekan dan pembengkakan pada sinus yang terkena, tetapi ada gejala tertentu yang timbul berdasarkan sinus yang terkena:

  • Sinusitis maksilaris menyebabkan nyeri pipi tepat di bawah mata, sakit gigi dan sakit kepala.
  • Sinusitis frontalis menyebabkan sakit kepala di dahi.
  • Sinusitis etmoidalis menyebabkan nyeri di belakang dan diantara mata serta sakit kepala di dahi. Peradangan sinus etmoidalis juga bisa menyebabkan nyeri bila pinggiran hidung di tekan, berkurangnya indera penciuman dan hidung tersumbat.
  • Sinusitis sfenoidalis menyebabkan nyeri yang lokasinya tidak dapat dipastikan dan bisa dirasakan di puncak kepala bagian depan ataupun belakang, atau kadang menyebabkan sakit telinga dan sakit leher.Gejala lainnya adalah:
    – tidak enak badan
    – demam
    – letih, lesu
    – batuk, yang mungkin semakin memburuk pada malam hari
    – hidung meler atau hidung tersumbat.

    Demam dan menggigil menunjukkan bahwa infeksi telah menyebar ke luar sinus.

    Selaput lendir hidung tampak merah dan membengkak, dari hidung mungkin keluar nanah berwarna kuning atau hijau.

    Sinusitis & Gangguan Sistem Kekebalan

    Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol atau penderita gangguan sistem kekebalan, jamur bisa menyebabkan sinusitis yang berat dan bahkan berakibat fatal.

    Mukormikosis (fikomikosis) adalah suatu infeksi jamur yang bisa terjadi pada penderita diabetes yang tidak terkontrol.
    Pada rongga hidung terdapat jaringan mati yang berwarna hitam dan menyumbat aliran darah ke otak sehingga terjadi gejala-gejala neurologis (misalnya sakit kepala dan kebutaan).

    Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan mikroskopik terhadap jaringan yang mati tersebut.
    Pengobatannya meliputi pengendalian diabetes dan pemberian obat anti-jamur amfoterisin B secara intravena (melalui pembuluh darah).

    Aspergillosis dan kandidiasis merupakan infeksi jamur pada sinus yang bisa berakibat fatal pada penderita gangguan sistem kekebalan akibat terapi anti-kanker atau penyakit (misalnya leukemia, limfoma, mieloma multipel atau AIDS).
    Pada aspergillosis, di dalam hidung dan sinus terbentuk polip.

    Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap polip.
    Pengobatannya berupa pembedahan sinus dan pemberian amfoterisin B intravena.

  • DIAGNOSA
    Diganosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejala, foto rontgen sinus dan hasil pemeriksaan fisik.

    Untuk menentukan luas dan beratnya sinusitis, bisa dilakukan pemeriksaan CT scan.

    Pada sinusitis maksilaris, dilakukan pemeriksaan rontgen gigi untuk mengetahui adanya abses gigi.

    PENGOBATAN
    Sinusitis akut
    Untuk sinusitis akut biasanya diberikan:

  • Dekongestan untuk mengurangi penyumbatan
  • Antibiotik untuk mengendalikan infeksi bakteri
  • Obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri.
    Dekongestan dalam bentuk tetes hidung atau obat semprot hidung hanya boleh dipakai selama waktu yang terbatas (karena pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan penyumbatan dan pembengkakan pada saluran hidung).
    Untuk mengurangi penyumbatan, pembengkakan dan peradangan bisa diberikan obat semprot hidung yang mengandung steroid.

    Sinusitis kronis
    Diberikan antibiotik dan dekongestan<.
    Untuk mengurangi peradangan biasanya diberikan obat semprot hidung yang mengandung steroid.
    Jika penyakitnya berat, bisa diberikan steroid per-oral (melalui mulut).

    Hal-hal berikut bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman:
    – Menghirup uap dari sebuah vaporizer atau semangkuk air panas
    – Obat semprot hidung yang mengandung larutan garam
    – Kompres hangat di daerah sinus yang terkena.

    Jika tidak dapat diatasi dengan pengobatan tersebut, maka satu-satunya jalan untuk mengobati sinusitis kronis adalah pembedahan.
    Pada anak-anak, keadaannya seringkali membaik setelah dilakukan pengangkatan adenoid yang menyumbat saluran sinus ke hidung.
    Pada penderita dewasa yang juga memiliki penyakit alergi kadang ditemukan polip pada hidungnya. Polip sebaiknya diangkat sehingga saluran udara terbuka dan gejala sinus berkurang.
    Teknik pembedahan yang sekarang ini banyak dilakukan adalah pembedahan sinus endoskopik fungsional.

    Berikut adalah VIDEO PATOFISIOLOGI DARI SINUSITIS KLIK DISINI

  • sinus_drainage

    Apakah sinusitis itu?

    Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan dilupakan kalau sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Tulisan kali ini lebih menitikberatkan pembahasan pada sinusitis yang disebabkan oleh infeksi.

    Apakah sinus itu?

    Sinus atau sering pula disebut dengan sinus paranasalis adalah rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang berfungsi untuk memperingan tulang tenggkorak. Rongga ini berjumlah empat pasang kiri dan kanan. Sinus frontalis terletak di bagian dahi, sedangkan sinus maksilaris terletak di belakang pipi. Sementara itu, sinus sphenoid dan sinus ethmoid terletak agak lebih dalam di belakang rongga mata dan di belakang sinus maksilaris. Dinding sinus terutama dibentuk oleh sel sel penghasil cairan mukus. Udara masuk ke dalam sinus melalui sebuah lubang kecil yang menghubungkan antara rongga sinus dengan rongga hidung yang disebut dengan ostia. Jika oleh karena suatu sebab lubang ini buntu maka udara tidak akan bisa keluar masuk dan cairan mukus yang diproduksi di dalam sinus tidak akan bisa dikeluarkan.

    Apa yang menyebabkan sinusitis?

    Sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur.

    Apa saja tipe sinusitis?

    Sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe besar yaitu berdasarkan lamanya penyakit (akut, subakut, khronis) dan berdasarkan jenis peradangan yang terjadi (infeksi dan non infeksi). Disebut sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara 1 bulan sampai 3 bulan, sedangkan sinusitis khronis bila penyakit diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan sinusitis non infeksi sebagian besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia. Sinusitis subakut dan khronis sering merupakan lanjutan dari sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat.

    Apa saja gejala sinusitis?

    Gejala sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri pada daerah wajah, serta demam. Hampir 25% dari pasien sinusitis akan mengalami demam yang berhubungan dengan sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk. Beberapa pasien akan merasakan sakit kepala bertambah hebat bila kepala ditundukan ke depan. Pada sinusitis karena alergi maka penderita juga akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti gatal pada mata, dan bersin bersin.

    Bagaimana mendiagnosa sinusitis?

    Sinusitis sebagian besar sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan pada riwayat keluhan pasien serta pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter. Hal ini juga disebabkan karena pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI yang walaupun memberikan hasil lebih akurat namun biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Pada pemeriksaan fisik akan ditemukan adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI baru diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal. Rhinoskopi, sebuah cara untuk melihat langsung ke rongga hidung, diperlukan guna melihat lokasi sumbatan ostia. Terkadang diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk dilakukan pemeriksaan kuman. Pemeriksaan ini berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi.

    Bagaimana mengobati sinusitis?

    Untuk sinusitis yang disebabkan oleh karena virus maka tidak diperlukan pemberian antibiotika. Obat yang biasa diberikan untuk sinusitis virus adalah penghilang rasa nyeri seperti parasetamol dan dekongestan. Curiga telah terjadi sinusitis infeksi oleh bakteri bila terdapat gejala nyeri pada wajah, ingus yang bernanah, dan gejala yang timbul lebih dari seminggu. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati dengan menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus karena untuk mendapatkan antibiotika yang benar benar pas harus menunggu hasil dari biakan kuman yang memakan waktu lama. Lima jenis bakteri yang paling sering menginfeksi sinus adalah Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus pyogenes. Antibiotika yang dipilih harus dapat membunuh kelima jenis kuman ini. Beberapa pilihan antiobiotika antara lain amoxicillin, cefaclor, azithromycin, dan cotrimoxazole. Jika tidak terdapat perbaikan dalam lima hari maka perlu dipertimbangkan untuk memberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Pemberian antibiotika dianjurkan minimal 10 sampai 14 hari. Pemberian dekongestan dan mukolitik dapat membantu untuk melancarkan drainase cairan mukus. Pada kasus kasus yang khronis, dapat dipertimbangkan melakukan drainase cairan mukus dengan cara pembedahan.

    Apa komplikasi dari sinusitis?

    Komplikasi yang serius jarang terjadi, namun kemungkinan yang paling gawat adalah penyebaran infeksi ke otak yang dapat membahayakan kehidupan.

    Kesimpulan

    Sinusitis jika diobati secara dini dengan pengobatan yang tepat akan mampu sembuh dengan baik. Segeralah ke dokter jika anda menjumpai gejala gejala sinusitis.

    About these ads

    29 Komentar

    1. makasih infonya ya… mau izin nyerap info n gambar untuk bahan tulisan di blog cz aku ingin berbagi ttg penyakit yang menyusahkan saya ini…

    2. sinusitis bisa mengakibatkan kematian ga?
      ngopi karyanya ya

      • Sinusitis jika telah meng-infeksi Sistem Saraf Pusat (otak) atau bahkan menyebar ke seluruh tubuh (Sepsis), sangat mungkin dapat menyebabkan kematian. anda bebas meng’copy artikel ini, dengan syarat ikut menyebarluaskan tentang pengetahuan yang anda dapatkan kepada semua orang. Terima kasih atas perhatiannya semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang kesehatan kepada anda.

    3. nama saya tri umur 28 tahun laki-laki,dari kecil sampai sekarang saya masih pilek warna dari ingus putih ga hijau kental,sering pusing,dada sering sesak
      apalagi kalau dibuat tidur salah satu lubang hidung akan tersumbat makanya kalau tidur
      saya selalu miring ke samping……
      yang mau saya tanyakan :
      sinusitis jenis apa yang saya miliki?
      cara pengobatannya gimana?
      biayanya bisa sampai berapa?
      tolong konfirmasinya ..???makasih

      • mungkin anda pertamanya menderita rhinitis alergika, jenis alergi pada hidung, yang membuat choncha hidung jadi membesar dan menyumbat lubang pernafasan anda.Saat ini karena (kemungkinan) penyakit rhinitisanda sudah kronis (lama) sehingga (kemungkinan) tumbuh polip di dalam rongga hidung anda. Terapi sementara ini dapat anda coba decongestan semprot hidung dengan anti radang (golongan steroid), juga dapat diberikan per oral (tablet) seperti NOZA, dll. Kami sarankan untuk menghubungi dakter T.H.T. terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami doakan semoga anda dapat dcepat sembuh. Amin…

    4. sbetulnya sy sdh putus asa untuk mengobati sinussitis yng diderita slm18 th sdh ke beberapa dokter spesialis .sdh pengobtan alternatif hanya bertahan selama pengobatan.akhirnya sy menerima penyakit ini dgn takdir yah sudah sy menikmati hidung yg selalu berair dan mampet setelah bangun tidur.pertanyaan sy apakah sinusitis ini menular thd orang lain? apakah akan menjadi penyakit turunan untuk anak2 sy?

      • sinusitis adalah radang rongga sinus yang ada di wajah kita, penyebabnya dapat bermacam-macam, jika penyebabnya adalah bakteri atau virus, maka dapat menular ke manusia lain dengan gejala pilek atau influenza dahulu, jika kemudian penyakit awal itu tidak segera diatasi maka dapat menjalar ke rongga sinusnya dan menjadi sinusitis. Jika Alergi adalah penyebabnya, maka kemungkinan anak dapat terkena sinusitis yang tentunya didahului dengan gejala Rhinitis Alergika atau yang lainnya. Saran kami agar anda menghubungi dokter T.H.T. dan menanyakan penyebab sinusitis anda, sehingga dapat diatasi penyebabnya. Kami doakan agar anda dapat segera cepat sembuh.

    5. Nama saya:elly…
      Saya sudah lama sakit sinusitis dari kelas 4SD, baru kelas 1SMA cairan dihidung disedot karena terlalu banyak di otak dan bagian pipi saya…….
      diperkirakan sampai satu setengah mangkok…..(cairannya)
      Yang mau saya tanya , apa penyakit itu akan terulang kembali ?????
      sekarang saya masih ngerasa pilek lagi, batuk… tapi kalau terulang kembali aku takut untuk disedot kembali,,,,,
      Jadi, Apa penyakit ini bisa sembuh dari hidung saya???????

      • Sinusitis dapat terulang kembali jika penyakit awal atau penyebabnya tidak diatasi segera. Hubungi dokter T.H.T. anda jika merasakan gejala pilek, disertai nyeri pipi dan kening yang tidak kunjung sembuh (kurang lebih 2 minggu). Semoga anda cepat sembuh. Amin.

    6. saya baru diperkirakan oleh dokter telah terkena penyakit sinus sitis. ketika saya mendengar perkataan dokter, saya bener down banget mendengarnya. saya tidak tau mesti gimana. gejala-gejala yang saya rasakan saat ini percis sekali dengan gejala-gejala yang di alami oleh penderita penyakit ini.
      yang saya ingin tanyakan, apakah penyakit ini dapat menimbulkan kematian ? dan apakah penyakit ini tidak bisa sembuh total ? dan apakah penderita penyakit ini akan merasakan bau mulut dan bau pada hidung ?
      terimakasih, atas sebelum dan sesudahnya.

      • Penyakit sinusitis jika tidak diterapi, maka lama kelamaan bisa menyebabkan peradangan ditempat lain, jika peradangan itu sampai ke otak (misalnya kekebalan tubuh penderita turun), bukan tidak mungikn akan mengaibatkan peradangan selaput otak (meningitis) yang dapat berakibat fatal. Sinusitis dapat 100% sembuh total jika diterapi dengan akurat tergantung penyebabnya. Semoga anda dapat cepat sembuh. Amin.

        • yth puskesmas………
          tante saya menderita sinusitis,gejalanya lendir gak keluar,sakit kepala.saya rontgen ada flek di pipi,hidung dan dahi, akibatnya mata ketutup daging bagian bawah mata,saya terapikan lalu lendir bisa keluar sakit kepalanya hilang.
          kalau dioperasi gimana?
          kalau mengatasi supaya daging bawah bisa kempes gimana?
          terimakasih,atas sebelum dan sesudahnya

    7. penyakit ini nular enggak.

      terimakasih !!!!!!

    8. penyakit ini nular enggak ??

      terimakasih . . . .

    9. terimakasih infonya. sekalian mau nanya, anak saya umur 6.5tahun selama dua hari ingusnya/dahak berwarna merah darah setelah 2 hari sembuh. apakah itu termasuk sinusitis? o..ya selama 2 hari pusing di dahi dekat alis. terimakasih

    10. Selamat siang,
      Obat Alami untuk penderita sinusitis bisa dengan PROPOLIS . Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
      Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan penderita sinusitis & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). Propolis memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
      1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
      2. Anti Radang
      3. Anti Alergi
      4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
      5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
      6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenersi sel-sel tubuh)
      7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

      Kandungan Bioflavanoidnya yang tinggi pada PROPOLIS (1 tetes setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berguna pada pemulihan system kapilari, kerapuhan dan kebocoron pembuluh darah.

      Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

      “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

      Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

      Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
      Wslm.Wr.Wb.
      Rahmah

    11. boleh usul,
      warna tulisannya dengan tampilan keseluruhan jadi kurang nyaman dibacanya, terlalu kuat warna hijau disekelilingnya. Dimata jadi cepet sakit.

      tks infonya

      rgds
      sdkn

    12. bahaya gga sih penyakit ini???

      tapi masih bisa sembuh kan??
      ada cara lain gga selain terapi?

    13. trimakasih atas artikelnya.saya sudah bawa ke THT,tp setelah habis obat kambuh lagi. Ada ngak obat alami yg mudah didapatkan untuk penyakit ini

    14. Sudah 2 kali ke THT,sudah habis obat kambuh lagi..ada gak obat alami yg mudah didapatkan?

    15. duh jd bingung nih,hidung saya mampet terus dan selalu mengeluarkan ingus.tapi tiap saya menundukan kepala biasa2 aja,tp penyakitnya dah bertahun2,setiap saya periksa ke docter jawabannya selalu alergi,tp knp saya selalu aja harus memegang tisu tiap harinya.ingusnya berwarna bening tapi kental.saya jd bingung nih.

    16. saya divonis dokter spesialis THT menderita sinusitis, gejalanya seperti yang diutarakan diatas, hidung meler terus mnerus, tersumbat dan bila dikeluarkan mengeluarkan caiaran lendir berwarna kuning, bila cuaca dingin hidung mampet, hidung dan mata sebelah kiri terasa pedih dan mengakibatkan sakit kepala.
      kalau boleh saya minta resep obat apa yang harus saya konsumsi, biar saya cari di apotik saja,
      trimakasih sebelumnya..

    17. nama saya galuh, saya sedang duduk di bangku SMP,, saya tu sering sekali pilek. kalau pilek tu pasti setap hari , tapi cuma pagi hari dan sore hari dan disertai bersin-bersin yang terus-terusan….. trus kalau bangun pagi kepala saya tu rasanya pusina sekali….
      apakah saya menderita sinusitis?? dan sinisitis jenis apa?
      ji9ka saya menderita penyakut itu apa yang perlu saya hindari dan bagaimana cara mengobatinya?
      tolong di balas.

      thanks….

    18. Seminggu yang lalu saya ct scan sinus dan ternyata saya mempunyai sinus ethmoid dan sinus sphenoid , dokter menyarankan saya agar saya menjalani FESS.yang saya tanyakan,bahaya kah sinus sphenoid ? Apakah cara satu satu nya hanya di operasi untuk sinus sphenoid tersebut ? Setelah di operasi apakah saya langsung bisa bernafas menggunakan hidung atau lewat mulut dulu ? Terima kasih.

    19. misalkan sinusitis menyebabkan kematian, kira-kira bisa bertahan berapa si pasien hidup ?

    20. yth puskesmas………
      tante saya menderita sinusitis,gejalanya lendir gak keluar,sakit kepala.saya rontgen ada flek di pipi,hidung dan dahi, akibatnya mata ketutup daging bagian bawah mata,saya terapikan lalu lendir bisa keluar sakit kepalanya hilang.
      kalau dioperasi gimana?
      kalau mengatasi supaya daging bawah bisa kempes gimana?
      terimakasih,atas sebelum dan sesudahnya

    21. met mlm…sy mo tanya ….sebelumnya sy pernh terkena penyakit herpes pd tangan kiri sy tp skrg uda sembh dan lukanya cuma kecil,trus kpn hr sy semprot kecoa pake hit dan langsng membuang kecoa itu ke tong sampah..bsknya mata sy kok bengkak,perih dan aga merah…mohon penjelasan nya…apakah krn terkena uap hit/herpes…dan gmn cara pengobatan nya…makasi….

    22. yang bengkak di bawah nya mata…..makasi

    23. […] Anonim, 2009, Kumpulan artikel tentang sinusitis, Available at: http://puskesmassimpangempat.wordpress.com/2009/07/22/kumpulan-artikel-tentang-sinusitis/ […]


    Comments RSS TrackBack Identifier URI

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya.