Beda Sinusitis dan Polip Hidung

Sinusitis adalah adanya infeksi / peradangan pada daerah sinus kita ( ada 5 pasang daerah sinus di muka kita ), sedangkan Polip adalah bagian dari sinus yang keluar dan menyerupai balon / daging di daerah hidung.
Penyebab sinusitis umumnya akibat sumbatan hidung yang berkepanjangan, sedangkan polip umumnya timbul akibat komplikasi lebih lanjut dari sinusitis, keduanya seringkali disebabkan adanya alergi pada hidung.
Gejala pada sinusitis tergantung daerah sinus mana yang terkena, secara umum kepala terasa sakit, muka terasa berat, ingus kental kekuningan sampai hijau, hidung tersumbat.
Pada polip gejala yang timbul adanya sumbatan hidung dari yang ringan sampai berat dan tersumbat sepanjang hari, kemudian juga disertai gejala hampir sama dengan sinusitis.anatomi hidung sagital

polip nasi

polip nasi realpolip nasi / polip hidung


About these ads

37 Komentar

  1. kL pusing swaktu sujud shalat gmn?
    pusing d bagian alis pusatnya
    ingusnya kuning kental tp da merahnya.
    apakah itu gejala sinusitis juga?

    • Terima kasih Paramita, salah satu tanda sinusitis adalah pusing dan nyeri di bagian dahi (termasuk alis), dengan adanya gejala lainnya seperti ingus yang kental berwarna kuning sampai hijau (itu adalah pus atau nanah), bahkan kadang mengeluarkan sedikit darah diingusnya (warna kemerahan). Tapi semua gejala itu walaupun kemungkinan besar adalah Sinusitis, bisa juga gejala penyakit lainnya, antara lain infeksi jamur, Tuberculosa, trauma kepala atau hidung, tumor, polip, dan lain-lain. Sayangnya Paramita tidak menyebutkan berapa lama gejala itu timbul, timbul panas badan (meriang) atau tidak, seberapa banyak warna merahnya, apakah sering mimisan, apakah sering buntu hidung saat pagi atau malam hari, apakah ada batuk. Kami sarankan pada Paramita untuk memeriksakan ke dokter, agar dapat diketahui lebih jelas penyakit yang anda sebutkan gejalanya tadi. Semoga saran ini dapat membantu Paramita dari pertanyaan yang anda ajukan, Terima kasih atas perhatian yang anda berikan, kami juga turut berdoa agar anda dapat cepat sembuh. Amin.

    • mba, knp ya klo banyak pikiran kepala pusing, kecapean, tegang truz lngs keluar darah dari hidung bahkan sampe 3 hari berturut2 1 hari itu 3 kali keluar darahya, ap itu sinusitis atau polip?
      kadang darah tuh ga keluar dari hidung tp pas meludah keluar darah, kadang cairn kuning yg keluar dari hidung klo kya gto bahaya ga ya?
      kejadian seperti ini sering kali terjadi pertama kali nya terjadi saat saya berusia sekitar 9 th awalnya hidung saya kena benturan benda keras tapi parah2 nya setelah saya bekerja sering terjadi pengeluaran darah pada hidung, sekarang umur saya 21 thn.
      gejala2 terjadinya pendarahan tidak merasakan apa2 pada badan saya, jadi datanya tiba2 az..
      dan saya pernah baca dari salah satu buku klo polip bisa menggangu ketidak lancaran dalam haid, soalnya saya merasa seperti itu.

      • Kami sarankan Anda untuk memeriksakan ke laboratorium terlebih dahulu, untuk mengetahui jumlah trombosit, faktor pembekuan darah, selain itu mungkin juga anda kekurangan vitamin K, Vitamin yang dapat membantu penyembuhan perdarahan pada tubuh kita. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga Anda cepat sembuh. Amin.

  2. numpang nanya neh, saya baru satu dua hari ini tiba2 mengeluarkan ingus dan batuk yang warnanya kuning kehijauan, apakah saya terkena sinusitis atau polip? sedangkan saya merasa baik2 saja dan tidak ada gangguan apapun… mohon bantuannya

    • mungkin anda terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), ingus yang berwarna hijau itu menandakan sudah adanya nanah di saluran pernapasan anda, mungkin bukan sinusitis atau polip, tapi bisa mengarah kesana jika sudah kronis (lama dan berulang), saran kami agar anda memeriksakan ke petugas kesehatan (dokter) untuk dapat mengetahui secara pasti penyakit anda, Terima kasih atas perhatiannya semoga anda cepat sembuh. Amin.

      • terimakasih bapak/ibu, atas penjelasan yang di berikan… berarti bisa di pastikan saya mengalami ISPA(infeksi saluran pernafasan) yang kemungkinan dapat menjadikan saya terkena sinusitis atau polip… terimakasih atas saran yang d berikan

  3. mo tanya. beberapa hari yang lalu pada saat saya marah2 keluar cairan (seperti air) berwarna kuning. setelah itu di daerah sekitar hidung dibawah mata terasa nyeri bila ada getaran (berjalan atau kepala di goyangkan). bisa kah saya dibantu tentang info cairan tersebut. menurut info yang saya baca bisa jadi cairan itu adalah plasma darah, apakah benar? knapa bisa keluar dari hidung saya? apakah itu berbahaya?

    • JIka boleh tahu, umur anda berapa? Apakah anda penderita pilek yang lama(kronis, sekitar 2 minggu lebih)? Apakah anda pernah melakukan operasi sinusitis? Jika cairan itu adalah nanah (kita menyebutnya pus) kemungkinan ada infeksi di daerah sekitar hidung anda (jika cairan tersebut keluar dari hidung), kami sarankan untuk memeriksakan keadaan Anda tersebut kepada dokter T.H.T. terdekat. Bahaya tidaknya tergantung dari jenis cairan tersebut. Kami doakan agar anda dapat cepat sembuh, Amin..

  4. hidung saya mengeluarkan ingus putih kental, dan biasa disertai tenggorokan saya sakit dan telinga saya agak tersumbat pendengarannya seperti pada waktu di pesawat, tolong di jelaskan cara penyembuhannya mbak

  5. sepertinya saya penderita polip. cairan itu muncul dalam periode tertentu. misalnya dalam sebulan ada waktu terntu, sekitar 1 minggu, setelah selesai, hilang lalu suatu saat muncul lagi. beberapa hari ini saya sering merasakan kedutan di bagian hidung khususnya daerah yang dekat dengan daging. apakah daging itu bisa bertambah besar dan membahayakan?

  6. mau tanya ..
    gejala yg saya rasa suka pusing di daerah kelopak mata
    sering bersin² batuk ato flu..
    tapi gha keluar dahak.
    dan sering mimisan udah lumayan lama gejala ini..
    ada benjolan di dua lubang idung nya..
    apa seh yg sedang saya alamin ini ??

  7. saya nazli 18 tahun pilek sekaligus berdarah slama 6 bln terakhir ini yg ke 3 dan terparah selama 3 hr darah trus yg keluar kadang hitam,merah,kuning? awalnya bdn terasa demam dan pagi darahpun kluar nonstop smpe skrg 3 hr!disertai batuk dan sakit2 di kepala pipi gusi dan bagian kepala lainnya?sy periksa ke dokter tp dktr merujuk sy ke RSU utk periksa lbh lanjut?senin sy periksa lg! kira2 ada penjelasan tentang pnyakit saya?tolong ya?

  8. saya terkena sinusitis, sebelumnya saya nyetir mobil…sangat cape sekali…dalam perjalanan saya terus menerus merokok…kemudian di tekak saya kering, seperti ada ingus yang menggumpal…saya keluarkan semua…dan sampe sekarang saya masih terasa sakit…mengeluarkan nanah hijau dan bau…obatnya ap tuh dok??? mohon kirim ke email saya or hp. 08998518128.
    terimakasih

  9. mo nanya beberap hari yg lalu sy pilek..tp ingusny kok bs beda warna ya? yg kananwarna kuning dan yg kiri warna putih?????

    • Vina itu sama yang saya alami sekarang, saya juga tak mengerti… yang lebih parahnya telinga bagian kanan saya tidak bisa mendengar dengan baik… apa dirimu sama mengalaminya?

  10. hallo…
    gejala ini dah lama sekali saya alami, mungkin awal thn 2000an, waktu itu saya anggap hal biasa, namun lama2 saya mengalami kesulitan bernapas sampai saat ini kalau tidur terasa sangat mengganggu. Hidung mampat (seperti pada gambar) ada benjolan daging di lubang hidung kanan, dan sering pusing. Tahun 2005 pernah saya periksakan ke dokter THT dan dianjurkan operasi. Namun saya merasa ngeri entah kenapa perasaan itu muncul sampai saat ini. Melalui media ini saya ingin bertanya mengenai efek/dampak setelah operasi. Apakah setelah operasi tidak akan kambuh lagi dsb, karena saat ini pula saya memang berniat untuk operasi saja, walaupun saya belum periksakan lagi masalah saya ini. Berapa lama kira2 kesembuhan pasca operasi, apakah ini tergolong operasi besar?…banyak yang ingin saya tahu tapi terlalu banyaknya pertanyaan dalam diri saya sehingga saya sampai sulit untuk menuliskannya.
    Demikian dari saya dan mohon dukungan moralnya sekaligus sarannya agar saya berani untuk operasi, terima kasih

    nando jogja
    NB: mohon balas via email saya trims

  11. Selamat pagi, saya mau tanya neh, saya sering sekali sakit kepala, kadang pada saat sakit kepala sangat berat, saya bisa mengeluarkan darah pada saat meludah. itu gejala sakit apa ya?

  12. Mo nanya … dalam 2 hari ini idung yg sebelah kiri saya mengeluarkan cairan berwarna kuning kecoklatan tapi tidak kental dan tidak berbau!! dan area idung tulang pipi saya sakit!! Itu berbahaya ga dok… ???

  13. terimakasih artikelnya..

  14. Ikuet nanya ni . .kpala syah kalo suduj tw ruku. .pusing idung sakit lalu suka ngeluar kan cairan putih kdtika sujud netes ajh. Warna bning tp skrng syah alami lagi warnany kuning ke izoan ky warna btadin yg dah pudah. .it apa yh? Tolong blz ke email sayah krna syah jarah msuk porum ini rhioka_me_q@yahoo.com terima kasih

  15. mau tanya….
    1 minggu ini hidung sering mengeluarkan nanah dari lubang sebelah kiri,
    mulanya sakit gigi geraham sebelah kiri,
    apa ada hubungannya dikarenakan gigi tersebut?
    saya sudah minum obat antibiotik dari dikter gigi dan THT tp tetap saja nanah keluar
    apa ada obat yg jauh lebih baik agr nanah tdk keluar lagi krn baunya tidak enak banget.

  16. saya mau tanya mbak, saya sering bgt pilek, ingus nya cair bening (kurang lebih seperti air)… tapi kadang2 (mungkin kalau sudah terakumulasi) kental bening (seperti gel, gelnya lumayan kompak sehingga menyatu), ngeluarinnya dgn satu/berapa kali tiuapan yg agak menekan, kalau sudah di keluarin terasa plong bgt, nafas jadi enak.. terakhir agak susah di keluarin, gelnya sekarang udah agak kurang kompak, terpecah2 beberapa bagian, dan juga ada sedikit bercak, keliatannya seperti darah tapi tidak banyak, cuma seperti helaian2.. pada saat di keluarkan kadang ada aroma yg g enak, tapi cuma sesaat, setelah itu nafas jadi lega… gejala yang lain tidak ada, pusing juga tidak… dari penjelasan singkat saya kira-kira apa yang saya derita, dan apa yang harus saya lakukan sebaknya.. sekian pertanyaan saya, sebelumnya terima kasih..

  17. gejala apa bila kepala berat or pusing,sesudah itu keluar darah dari kedua hidung?? tolong jawaban terbaiknya ditunggu

  18. saya ini merupakan bekas penderita TB.

    tadi siang hidung saya tiba2 mengeluarkan cairan berwarna kuning encer seperti kuning telur dan bukan ingus, tapi encer seperti air berwarna kuning.
    cairan ini keluar pada saat saya sujud, berlama-lama didepan komputer, saat mengerjakan tugas (aktifitas berfiikir berat lainnya).

    awalnya saya sering merasa sakit kepala dibagian atas (ubun-ubun) ketika merokok, saat mata terasa lelah, dan ini saya biarkan berlarut-larut hingga keluarnya cairan ini.

    gigi atas sebelah kanan bagian dalam, terasa sakit bila kepala di goyangkan dan saat berjalan.

    dan yang saya herankan hanya hidung sebelah kanan yg mengeluarkan cairan ini.

    apakah ini termasuk Sinusitis atau hanya radang biasa??

    ataukah penyakit TB saya kambuh lagi??

    mohon penjelasan dan solisinya.

    terimakasih

  19. assalamualaikum, mau tanya sudah hampir 10 tahun saya menderita hidung tersumbat, selalu aja kalao gak kiri ya kanan, sekarang ini terasa berat di kepala puyeng kalo malem, apa itu gejala polip atau sinus? apa nama obatnya,, bisa sembuh total gk? sy termasuk yg takut operasi. jd enggan ke dokter, takut…

  20. saya mo konsultasi… ni hidung ngupil/ berlendir kental di tengah hidung,, kepala jg berat, tp yg paling parah saya dimata.. mata jd sensi bgt dg sinar dan angin,, nah gimana ni apa ada hubungannya antara hidung sakit saya dg mata yg ikut jd sakit

  21. saya ketika sedang posisi menunduk tiba2 keluar cairan
    kuning dari hidung. tidak berbau.
    selama ini saya memang sedang batuk + pilek sudah lebih dr satu minggu.
    apa sebenarnya penyakit saya ini’?.
    mohon penjelasannya..
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih…

  22. sebelumnya terima kasih, saya mau sedikit bertanya : beberapa hari ini istri saya mengeluarkan cairan seperti air dari dalam hidungnya. 10-20 tetes. cairan berwarna bening seperti air biasa, sangat encer, frekwensi nya 2-3 kali sehari. ini menunjukkan gejala penyakit ataukah biasa saja.. mohon jawabannya.. terimakasih..

  23. maaf saya ingin bertanya…. sudah dua kali flu dan batuk ingus saya selalu ada darah saat mengeluarkan cairan dari hidung,,,,,,, saya sempat takut saat gejala itu pertama kali menyerang…. tapi setelah diperiksa dokter dibilang hanya pecah pembuluh darah dan itu tidak berbahaya.
    sekarang saya mengalami flu lagi tapi kejadian ini sama dengan yang pertamakali cairan hidung saya saat dikeluarkan bercampur darahh walaupun tidak banyak… apakah itu merupakan gejala sinus atau polip ??
    terimakasih

  24. mohon tanya, beberapa tahun belakangan ini kalau jam tidur baik tidur siang atau malam, hidung kanan saya sering tersumbat, akibatnya saya sering tidur menghadap ke sebelah kiri, biasanya dengan demikian, sumbatannya akan berkurang, tapi kalau menghadap ke kanan lagi, hidung itu akan tersumbat lagi. Apakah ada hubungannya dengan kebiasaan mengupil sehingga hidung tersumbat? Kalau saya lihat sendiri melalui lubang hidung, seperti ada pembengkakan berwarna merah, kira2 2,5 cm dari lubang hidung. Ada yg bilang itu sinusitis, apakah separah itu? Memang, saya sering kurang tidur akibat pekerjaan, sering bangun pagi dgn kepala sakit sebelah, tapi hanya sebentar saja, apakah itu karena tidur hanya pada satu posisi? Ada yg bilang, harus rajin bangun pagi2 menghirup udara segar, itu akan membantu. Mohon penjelasan. Terimakasih

  25. Mau tanya dok,
    sejak sy berusia 13th-sekarang sy berusia 23th sering meriang di sertai sakit kepala, & pagi nya hidung tersumbat, keluar lendir seperti nanah dgn darah bergumpal seperti daging, bau..apa itu sinusitis??
    Sering sy amati kalau terlalu banyak mikir, atau cuaca dingin, kecapean, pasti penyakit itu kambuh, apa penyakit ini parah?? Trus bagaimana mengatasinya?? Karna slama ini sy biarkan saja..tdk minum obat,,atau apa,,
    tq..

  26. Ingus berwarna kuning, dan kalo saya keluarkan ingusnya menggumpal.
    terus sampai telinga sebelah kanan saya tidak bisa mendengar dengan baik…
    itu gejala apa ya?

  27. umur saya 22 taun, dari sejak kecil kira2 SD, hidung saya selalu mengeluarkan cairan bening tidak bau, setiap hari cairan itu keluar hingga sekarang, kalau saya lg diruangan ber AC atau sedang dijalan berkendara motor, cairan itu keluar banyak sekali bahkan seperti mimisan keluarnya. saya juga sering pusing di seputar atas alis, kadang pipi dan kadang wajah sampai kelihatan bengkak. apakah itu sinus dok?? dan apakah bis disembuhkan?? saya sangat terganggu dengan kondisi ini, terima kasih.

  28. Udh 2 hari hidung saya mencium bau busuk tp org lain tdk.saya minum teh herbal dan akhirnya hidung saya sdh tidak cium bau busuk lg, tp ªϑª reak Ɣªήğ ga mau kluar. Saya minum obat batuk berdekongestan..tp ttp ga mau kluar malah badan panas ga turun2…saya harus gimana?

    • ya jelas tentu beda u/ sinusitis dan polip sangat jauh berbeda u sinusitis biasa radang pada hidung yang di sertai bau busuk pada hidung.tapi u lebih jelas silah kan anda periksa ke dokter spesialis THT.dan untuk panas bisa anda minum paracetamol 3x500mg sehari …semoga saran saya bermanfaat

  29. yth. ibu echa.. sebaiknya ibu periksa aja dulu ke dr. THT untuk mengetahui penyebab pasti baru dikasih solusi pengobatan yg tepat.. klo misalnya penyebabnya gigi maka baru ke dokter gigi untuk dilakukan tindakan yg tepat.. ada kasus pasien seperti mbak, penyebabnya gigi atas yg tinggal akarnya dicabut, akhirnya sembuh.. semoga bermanfaat..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 297 pengikut lainnya.