TAHUKAH ANDA? MANFAAT BAWANG SUNGGUH MENCENGANGKAN!!

SEHAT DENGAN KELUARGA BAWANG !

Keluarga bawang atau allium yang diketahui sampai saat ini terdiri dari sekitar 325 keluarga sudah dikonsumsi manusia sejak beribu tahun lalu. Contohnya antara lain : bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, daun bawang sup, daun bawang lokio, kembang bawang dan lain sebagainya. Semuanya dikenal mempunyai khasiat kesehatan sebagai berikut :
Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
Pada sebagian orang kadar kolesterol darah dan kecenderungan pembentukan gumpalan darah naik sesudah makan makanan tinggi lemak. Makan bawang mentah ataupun yang  dimasak dapat mengatasi kecenderungan ini sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
Membantu mengurangi total kolesterol dan tekanan darah tinggi, dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.
Orang – orang yang memakan bawang mentah secara teratur mempunyai kadar lemak darah yang lebih rendah dibanding yang tidak makan. Dalam sebuah studi pada tahun 1985 terlihat bahwa bawang menurunkan tekanan darah pada 13 dari 20 penderita dan kadar kolesterol pada 9 dari 18 relawan yang mempunyai kadar kolesterol tinggi.
Membantu mencegah penyakit asma
Beberapa riset ilmiah kini mendukung penggunaan bawang mentah secara tradisional dalam upaya mencegah penyakit asma.
Membantu ketahanan terhadap kanker.
Orang-orang yang mengkonsumsi bawang secara teratur mempunyai resiko kanker yang lebih rendah.

Memilih dan menyimpan allium
Memilih dan menyimpan keluarga bawang mempunyai cara tersendiri. Pilih bawang yang umbinya keras dan bulat dengan kulit seperti kertas yang bersih. Hindari bawang putih yang mulai bertunas. Simpan ditempat yang dingin dan kering. Udara lembab akan membuat bawang bertunas, udara yang terlalu panas membuat bawang putih menjadi bubuk keabuan. Untuk daun bawang sup, pilih yang daunnya segar dan sehat, bagian putih harus keras dan tidak cacat. Bagian daunnya berwarna hijau dan segar, daun ini tidak tahan lama sebaiknya beli secukupnya saja. Untuk daun bawang lainnya seperti bawang lokio atau kembang bawang atau Chinese chives , pilih yang warnanya hijau merata dan gemuk. Untuk kembang bawang Chinese chive bunga yang belum mekar pertanda masih muda dan karena itu lebih empuk disbanding yang bunganya sudah terbuka.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s