KUMPULAN ARTIKEL: MAKANAN PENCEGAH KANKER DARAH / LEUKEMIA (BAHKAN MUNGKIN MENGOBATINYA??)

Tips Diet untuk Makanan Anti Kanker

1. Perbanyak Konsumsi Rumput Laut.
Jepang merupakan salah satu negara yang tingkat pertumbuhan kanker payudaranya rendah. Para ahli menduga, hal tersebut berkaitan dengan pola makan mereka yang terbiasa mengkonsumsi rumput laut. Rumput laut terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan. Penelitian Harvard School of Public Health, misalnya, menemukan tikus yang diberi makan kelp (satu jenis rumput laut) memiliki kemungkinan mengidap kanker payudara lebih rendah bila dibandingkan tikus yang tidak makan kelp. Karena itu cobalah mengkonsumsi rumput-rumput laut seperti kel, nori atau alga hijau seperti spirulina dan chlorella, paling tidak 3 gram sehari

2. Kurangi Makanan Berlemak.
Menurut para ahli , pola makan kaya lemak dapat mengahasilkan zat kimia dalam usus yang ketika berhubungan dengan bakteri akan merubahnya menjadi estrogen. Estrogen ini kemudian disimpan dalam jaringan lemak payudara sehingga membuat sel dalam area ini lebih besar kemungkinan tumbuh menjadi kanker. Dengan membatasi konsumsi lemak sehari-hari, sampai kira-kira 20 % dari seluruh konsumsi kalori, Anda berarti telah mengurangi peluang tumbuhnya kanker payudara

3. Perbanyak Konsumsi Serat.
Serat dalam buah dan sayuran dapat mempengaruhi metabolisme estrogen dalam tubuh dan menurunkan estrogen dalam darah

4. Perbanyak Konsumsi Ikan.
Dengan makan sedikitnya 3 porsi ikan laut setiap minggu seperti: tuna, salmon, makarel dan sarden dapat membantu mencegah kanker payudara. Omega 3 pada ikan, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan menghalangi pengaruh tumor yang menyebabkan kanker.

5. Perbanyak Konsumsi Produk dari Kedelai.
Kacang kedelai dan produk kedelai lainnya mengandung genistein, sejenis estrogen alami yang memperkecil kemungkinan tumbuhnya kanker. Makanan produk kedelai dapat melindungi tubuh dari hormon penyebab tumor.

Begitulah hasil riset yang difokuskan pada nutrisi oleh ahli biologi molekuler, Susan J. Zunino, dari Agricultural Research Service Western Human Nutrition Research Center, Davis, California, Amerika Serikat. Riset tersebut diharapkan dapat mengungkap bagaimana zat kimia dalam tumbuhan itu bisa memerangi penyakit yang dikenal sebagai leukemia limfoblastik akut.

Penelitian Zunino berawal dari temuannya pada 2006 tentang kemampuan carnosol dari rosemary, curcumin dari kunyit, resveratrol dari anggur, serta asam ellagic, kaempferol dan quercetin dari stroberi untuk membunuh sel-sel leukemia. Dalam riset di laboratorium, dia menggunakan kultur dari sel darah manusia sehat dan pengidap kanker sebagai model.

Penemuan ini tidak hanya menarik minat para peneliti kanker, tapi juga ahli nutrisi yang mengeksplorasi manfaat kesehatan senyawa alami dalam buah-buahan, sayuran, bumbu, dan rempah-rempah. Para peneliti itu belum mengetahui secara rinci bagaimana zat kimia tumbuhan atau fitokimia mendukung sel yang sehat dan memerangi sel yang merusak, termasuk fitokimia yang terkenal, seperti resveratrol pada anggur, blueberry, dan sejumlah buah lain.

Penyelidikan yang dilakukannya menyediakan beberapa petunjuk baru tentang bagaimana fitokimia menyerang sel kanker. Misalnya, Zunino menemukan bahwa fitokimia mengganggu operasi mitokondria, pembangkit tenaga miniatur yang menghasilkan energi di dalam sel. Tanpa energi, sel bakal mati.

Mitokondria yang terpapar resveratrol dan fitokimia lainnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, Zunino mengakui, butuh riset lebih mendalam untuk memastikan dan memahami bagaimana fitokimia bisa mengganggu kerja mitokondria. Zunino dan timnya ingin mengetahui lebih banyak tentang kemampuan fitokimia lainnya yang bisa mengakibatkan kematian sel.

Melalui hasil penelitian terbaru terbukti, bahwa buah stroberi memililiki efek terapi yang sangat baik terhadap pencegahan penyakit leukemia, anemia aplastik (kurang darah aplastik) dan penyakit darah, sebab pokoknya terletak pada dua macam zat yang terkandung dalamnya yakni ?strawberry amine? dan ?asam tanat?, memiliki efek mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas.
Stroberi kaya akan gizi, banyak mengandung asam amino, monosakarida, asam sitrat, pectine, vitamin dan kalsium, magnesium, fosfor, mineral dan sebagainya. Unsur-unsur nutrien ini memiliki efek yang sangat baik dalam mendorong pertumbuhan, karena itu, stroberi sangat besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, stroberi juga memiliki nilai medis yang tinggi, punya efek membasahi paru dan menghasilkan cairan tubuh, menguatkan limpa dan lambung, melancarkan air kemih dan bengkaknya lisut, meredakan deman dan menghilangkan panas terik musim panas, cocok untuk merangsang nafsu makan, meredakan batuk dan sebagainya. Disamping itu stroberi juga kaya dengan kandungan karotena dan vitamin C dan lain sebagainya, vitamin dan karotena memiliki efek antioksidan dalam tubuh, menghilangkan radikal bebas, sehingga dengan demikian memiliki efek perlindungan tertentu terhadap sel normal, mencegah jangan sampai dioksidasi dan menjadi sel kanker. Pectine, asam tanat dan sebagainya yang terkandung didalamnya dapat menyerap dan mencegah serapan zat kimia yang mengakibatkan kanker di dalam tubuh, sehingga dengan demikian dapat berfungsi mencegah kanker.

Meski stroberi banyak mengandung zat gizi, namun, tidak setiap orang boleh mengonsumsinya, ada yang karena makan stroberi dapat menyebabkan kekacauan fungsi lambung dan usus, selain itu bagi yang fungsi ginjalnya kurang baik dan mengidap batu pada saluran kencing sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsinya, sebab stroberi lebih banyak mengandung asam oksalat, jika berlebihan dapat memperburuk keadaan penyakit penderita.

Cara mengonsumsi stroberi cukup banyak, yang kerap dijumpai adalah langsung di makan, tapi setelah dicuci bersih terlebih dahulu, atau stroberi yang telah dibersihkan diaduk dengan campuran gula atau susu, aromanya istimewa, segar dan nikmat. Stroberi yang telah dibersihkan lalu dicampur dengan gula dan cream susu, diaduk hingga menjadi pure strowberi (dilumatkan), adalah makanan pereda panas yang nikmat, harum dan dingin manis setelah dibekukkan. Stroberi juga bisa diolah menjadi juice, selai dan sebagainya.

Berikut adalah tips makanan sehat mencegah dan membatasi pertumbuhan kanker :

  1. Hindari makanan berlemak. Lemak adalah tempat subur untuk pertumbuhan kanker dan merupakan zat yang menyimpan berbagai penyakit. Lemak juga dapat melemahkan sistim kekebalan tubuh sehingga virus, bakteri penyakit dapat masuk dengan mudah kedalam tubuh. Kebiasaan makan dengan makanan berlemak tinggi harus segera ditinggalkan. Hal ini juga sesuai dengan firman Tuhan yang disampaikan kepada umatNya, dimana bilamana umatNya mempersembahkan korban apakah itu domba, sapi, kambing maka mereka harus terlebih dahulu membakar lemaknya. Tuhan memerintahkan ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan penelitian para ahli sekarang ini, lemah merupakan pendonor terbesar sumber-sumber penyakit termasuk kanker.
  2. Jangan Makan Darah. Semua penyakit mahluk hidup tersimpan dalam darah. Kebiasaan manusia jaman ini telah meniru kebiasaan raja-raja zaman dulu. Mencampur darah dengan makanan agar terasa lebih nikmat telah menjadi pembunuh bagi manusia yang memakannya. Hal ini dengan tegas telah difirmankan Allah kepada manusia agar jangan sekali-kali kamu makan darah karena nyawa mahluk hidup ada dalam darahnya. Akan tetapi apa yang difirmankan Tuhan selalu dilanggar oleh manusia, maka akibatnya berbagai-bagai macam penyakit muncul kepermukaan bumi. Pada zaman permulaan ketika Allah menciptakan manusia, maka Allah hanya mengijinkan manusia untuk memakan buah-buahan dan biji-bijian. Tetapi setelah peristiwa air bah yang membinasakan bumi, maka semua mahluk hidup mati binasa kecuali beberapa mahluk hidup yang masuk dalam bahtera Nuh. Pada saat itu TUHAN mengijinkan manusia untuk makan daging dari binatang yang halal sebagai makanan darurat sambil menunggu air bah surut dan tumbuh-tumbuhan bertumbuh. Akan tetapi manusia telah lupa bahwa makan daging menajdi kebiasaan karena dikuasai oleh selera. Makan buah-buahan dan sayur-sayuran telah tersampingkan dan diganti dengan makanan-makanan cepat saji yang nilai gijinya tidak lebih dari sampah tubuh yang tidak berguna.
  3. Jangan Makan Daging. Secara struktur manusia, bahwa jaringan usus manusia panjang dan cocok memakan makanan tumbuh-tumbuhan ( herbivora), tetapi manusia telah berubah menjadi pemakan segala-galanya (omnivora). Apa yang terjadi adlah berbagai penyakit muncul dan umur manusia menjadi pendek. Sikap manusia juga menjadi beringas, ahlak dan moral merosot bahkan lebih buruk dari binatang buas. Jika binatang tidak mau membunuh sesama jenisnya, manusia telah membunuh sesamanya. Ini disebabkan perubahan pola hidup manusia yang sedikit besar sangat dipengaruhi oleh makanan. Dalam suatu penelitian orang-orang yang makan dengan vegetaris jauh lebih cerdas dan sehat serta umurnya lebih panjang dibandingkan dengan orang-orang yang makan daging. Kalau demikian mengapa kita tidak kembali kezaman permulaan ketika Allah menciptakan manusia di tmana Eden?. Kita harus bertekad bahwa saya mau hidup sehat dan panjang umur dengan kembali ke suasana Taman Eden.
  4. Ikan tidaklah sehat seluruhnya. Pada jaman dulu ikan mungkin masih sehat untuk dimakan karena sungai, laut belum tercemar. Tetapi sekarang ini oleh karena keserakahan manusia, limbah dibuang kelaut, kesungai, sehingga laut dan sungai menjadi tercemar oleh zat-zat kimia seperti mercuri, limbah B3, dll. Ikan – ikan dilaut datang dekat ke pantai lalu makan limbah berbahaya ini dan kemudian mereka pergi ke laut dalam, tetapi tidak sedikit ikan itu di tangkap di dekat pantai. Semua racun ini tersimpan dalam tubuh ikan. Ikan yang di tangkap tentu tidak pernah dipotong dan dibuang darahnya, tetapi ikan itu dieskan berhari-hari dan bahkan berbulan sehingga darah ikan menjadi menyatu dalam tubuh ikan. Manusia memakan ikan yang sudah berhari-hari bahkan sudah lebih dari mayat manusia. Bilamana kita melihat mayat manusia disemayamkan lebih dari satu minggu mungkin kita sudah merasa jijik dan bau tetapi memakan ikan yang telah mati sebulan lebih, kita merasa nikmat memakanya. Hal ini telah difirmankan Tuhan kepada manusia agar manusia jangan makan mayat, tetapi jika harus makan ikan, makanlah ikan yang didapati masih hidup dan dipotong serta dibersihkan seluruh darahnya. Tidak sedikit para penangkap ikan menggunakan formalin untuk mengawetkan ikan agar tahan lama, formalin ini pada dasarnya digunakan untuk mengawetkan mayat agar tidak bau dan tahan lebih lama. Formalin ini masuk kedalam tubuh manusia, sehingga sel tubuh kemasukan zat asing, akibatnya sel tubuh menjadi tumbuh abnormal. Maka muncullah berbagai penyakit seperti benjolan-benjolan, pengerasan hati (kanker hati), kanker payudara, dan berbagai macam jenis penyakit khususnya kanker. Mengapa kita tidak mengobah pola hidup?. Allah mau kita berubah kedalam kekudusanNya, kita mau hidup sehat, Tubuh kita adalah kaabah Allah yang hidup, mari kita menjaganya dengan sebaik-baiknya.
  5. Telur Dan Susu Tidak Murni Menyehatkan. Telur sekarang ini bukanlah makanan sehat. Telur yang dihasilkan oleh ayam petelur yang telah dimasuki hormon tentu sangat membahayakan. Banyak pertimbangan bisnis telah merusak kesehatan manusia. Ayam petelur dipaksa harus bertelur dalam waktu 45 hari, dengan memberikan makanan penambah hormon. Berapa banyak penyakit kanker yang lahir dari perubahan hormon?. Hampir semua penyakit kanker akibat perubahan hormonal, seperti kelenjar getah bening, tyroid, kanker payudara,dll. Demikian juga susu bukanlah makanan yang menyehatkan lagi. Berbagai kasus bermunculan betapa pengusaha memproduksi susu yang telah dicampur dengan melamin hanya untuk supaya kelihatan bergiji tetapi giji yang dimaksud hanyalah penipuan. bisnis telah mengorbankan kesehatan. Manusia semakin serakah, dengan mengorbankan orang lain untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Mari kita tinggalkan makanan tidak sehat ini.
  6. Tinggalkan Makanan dengan bahan pengawet dan pewarna. Banyak makanan dengan pengawet beredar dalam masyarakat, meski pemerintah menyebutkan bahwa makanan tersebut masih bisa ditoleransi. Tetapi sekecil apapun pengawet masuk kedalam tubuh jika makanan itu kita konsumsi sering akan menimbulkan penyakit. Biasanya zat-zat ini merusak sistem hormon tubuh, dan membentuk sel yang abnormal. Hampir dipastikan bahwa penyakit kanker disebabkan oleh masuknya zat-zat kimia yang berlebihan kedalam tubuh sehingga merubah fungsi hormon dari baik menjadi abnormal.
  7. Perbanyak makan makanan berserat. Kalau kita mau sehat perbanyaklah makanan berserat. Orang yang banyak makan sayur dan buah-buahan akan kecil kemungkinan terkena kanker usus karena usus akan dibersihkan. Kebiasaan tidak suka makan sayur adalah suatu kebiasaan buruk dan meningkatkan resiko penyakit kanker.

1 Komentar

  1. saya telah membaca artikel ini, dn sdah saya pahami isinya, tapi gendalanya gini Bpk, saya di samping Lekeumia ada asam uratnya tinggi, jd bingung mau makan sayur apa yaaaa buat asam urat nggak boleh yg hijau2 bnyak sekali pantangan makanan sayurnya, jd apa yg hrs saya konsumsi ya Bpk? saya mohon solusinya dr Bpk apa yg harus saya konsumsi setiap hari, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Wassalam.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s