ADUUUUH..PINGGANGKU…SAKIT SEKALI!!!

Hindari ancaman low back pain

Bagi Anda yang relatif sering bekerja di tempat duduk, penyakit pinggang tampaknya menjadi masalah yang cukup sering muncul. Menurut Journal Medicine di Inggris, 180 juta waktu kerja terbuang akibat sakit pinggang, yang disebabkan karena duduk di kursi dengan standar kelayakan yang tidak cukup baik.

Penyakit pinggang sendiri ada macam-macam, di antaranya low back pain yaitu rasa nyeri yang terjadi di daerah pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian sebelah belakang dan samping luar.

Keluhan ini dapat demikian hebatnya sehingga pasien mengalami kesulitan dalam setiap pergerakan (salah tingkah) dan pasien harus istirahat serta dirawat di rumah sakit.

Keluhan low back pain ini ternyata menempati urutan kedua tersering setelah nyeri kepala. Di Amerika Serikat lebih dari 80% penduduk pernah mengeluh low back pain dan di Indonesia sendiri diperkirakan jumlahnya lebih banyak lagi.

Namun pada dasarnya timbulnya rasa sakit adalah karena terjadinya tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang (saraf terjepit). Jepitan pada saraf ini dapat terjadi karena gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya, gangguan pada sarafnya sendiri, kelainan tulang belakang maupun kelainan di tempat lain, misalnya infeksi atau batu ginjal dan lain-lain.

Selain low back pain, spasme otot (ketegangan otot) merupakan penyebab yang terbanyak dari LBP. Spasme ini dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak atau berlebihan melampaui kekuatan otot-otot tersebut.

Misalnya, waktu sedang olah raga dengan tidak kita sadari kita bergerak terlalu mendadak dan berlebihan pada waktu mengejar atau memukul bola (badminton, tenis, golf, dll).

Demikian juga kalau kita mengangkat benda-benda agak berat dengan posisi yang salah, misalnya memindahkan meja, kursi, mengangkat koper, mendorong mobil, bahkan pada waktu dengan sangat gembira mengangkat anak kecil akan dapat terjadi LBP.

Pengapuran tulang belakang di sekitar pinggang yang mengakibatkan jepitan pada saraf yang dapat mengakibatkan nyeri pinggang yang hebat juga.

Yang terakhir HNP (hernia nukleus pulposus) yaitu terdorongnya nucleus pulposus, suatu zat yang berada di antara ruas-ruas tulang belakang, ke arah belakang baik lurus maupun ke arah kanan atau kiri akan menekan sumsum tulang belakang atau serabut-serabut sarafnya dengan mengakibatkan terjadinya rasa sakit yang sangat hebat.

Hal ini terjadi karena ruda paksa (trauma/kecelakaan) dan rasa sakit tersebut dapat menjalar ke kaki baik kanan maupun kiri (iskhialgia). Adapun sebab lain yang perlu kita perhatikan adalah: tumor, infeksi, batu ginjal, dan lain-lain. Kesemuanya dapat mengakibatkan tekanan pada serabut saraf.

Stres mental juga dapat menyebabkan pasien tersebut merasa sangat tertekan dan muncul dalam bentuk low back pain.

Selain saran untuk duduk dengan kursi yang lebih ergonomis atau memposisikan tubuh dengan benar selama duduk, sebenarnya ada pengobatan sederhana yang murah untuk mengobati sakit pinggang, yakni tetaplah aktif.

Penyembuhan medis

Untuk mencari penyebab yang tepat, disamping pemeriksaan foto ronsen poros tulang belakang, kadang diperlukan pemeriksaan khusus misalnya scanning, MRI, dll.

Pada LBP karena tegang otot dapat digunakan Sirdalud (Tizanidine) yang berfungsi untuk mengendorkan kontraksi otot tersebut (muscle relaxan). Untuk pengobatan simptomatis lainnya kadang memerlukan campuran antara obat-obat analgesik, anti inflamasi, NSAID, penenang, dll.

Bila dengan pengobatan biasa tidak berhasil mungkin fisioterapi (rehabilitasi) dengan alat-alat khusus maupun dengan traksi (tulang belakang ditarik). Tindakan operasi mungkin diperlukan apabila pengobatan dengan fisioterapi ini tidak berhasil misalnya pada HNP atau pada pengapuran yang berat.

Disamping berobat pada Neurolog (spesialis penyakit saraf), mungkin juga diperlukan untuk berobat ke internis. Bedah saraf, bedah orthopedi bahkan mungkin perlu konsultasi pada psikiater atau psikolog.

Gambar Spinal lumbalis dari atas

Gambar Spinal lumbalis dari atas

Gambar terjadinya HNP dilihat dari atas

Gambar terjadinya HNP dilihat dari atas

terjadinya ischiatica

terjadinya ischiatica

1 Komentar

  1. pertanyaan :
    Dok, saya menderita sakit pinggang, tidak bisa membungkuk dan duduk. Sekarang malah lebih parah lagi, tidak bisa jalan, karena klu dipaksakan jalan sakit luar biasa disekitar daerah pantat, apakah penyakit ini dapat disembuhkan melalui pijat atau memerlukan tindakan medis lebih lanjut berupa fisiotherapi ataupun operasi ? apakah ada obat untuk penahan sakit yang luar biasa ini, paling tidak setelah makan obat saya dapat jalan supaya dapat pergi memeriksakan diri ke dokter, terima kasih atas perhatian dan jawabannya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s