DIOBATI SUDAH..KOK 5 HARI SI JUNIOR PANASNYA GAK TURUN-TURUN YA?

Kawasaki syndrome atau mucocutaneous lymphnode syndrome (MLNS) adalah penyakit pada anak-anak berumur kurang dari 5 tahun, yang menyerang pada kulit, mulut, dan kelenjar getah bening anak. Penyebabnya masih belum diketahui, biasanya setelah diobati beberapa hari dengan terapi yang tepat, anak akan sembuh total. Sebaliknya jika tidak diobati dengan tepat dan cepat maka akan dapat berakibat pada kelainan jantung anak.

Gejalanya dapat bermacam-macam, tapi yang terpenting adalah panas yang tidak turun walau diberikan obat penurun panas selama lebih dari 5 hari. Selain itu tampak adanya beberapa kelainan-kelainan sebagai berikut (disebut sebagai Fase pertama / kurang dari 2 minggu sejak awal timbulnya panas) :

  • Warna kemerahan pada bagian putih (konjungtiva) mata.
  • Ruam pada kulit dada, perut, dan alat kelamin.
  • Bibir mulut kemerahan, kering, dan pecah-pecah.
  • Lidah bengkak berwarna putih dan bercak merah.
  • Iritasi tenggorokanyang menyebabkan sakit saat menelan.
  • Permukaan tangan dan gusi yang bengkak kemerahan.
  • Pembengkaan kelenjar tubuh (misalnya pada ketiak, leher, pangkal paha)

Kadang pada bercak kemerahan itu terdapat seperti kulit yang mengelupas (seperti terbakar).

Pada Fase ke-2 / lebih dari 2 minggu sejak mulai panas, telapak kaki dan tangan menjadi pucat. Selain itu terdapat nyeri pada sendi, mual dan muntah, juga nyeri pada perut. Jika hal ini timbul pada anak anda, segera hubungi dokter.

Komplikasi yang sering terjadi akibat keterlambatan terapi pada Kawasaki Syndrome ini pada gangguan jantung anak, yang terjadi akibat adanya infeksi pada pembuluh darah (vasculitis), yang mengenai pembuluh darah koroner pada jantung anak. Jika hal tersebut terjadi, maka otot, selaput, dan katup jantung akan terkena dampak infeksi juga.Gejalanya ditandai dengan adanya nadi yang tidak teratur (aritmia), juga kadang terdengar suara mur-mur / bruit jika dilakukan pemeriksaan memakai stetoskop.

Tidak ada satu pemeriksaanpun yang dapat mendiagnosa secara pasti penyakit ini, jadi penyakit ini dikenal dari gejala-gejala yang timbul pada anak sejak awal demam. Jika dokter mencurigai penyakit ini diderita seorang anak, ada baiknya diperiksakan jantung, contoh darah, dan contoh kemih (urine), karena terdapat kemiripan Kawasaki Syndrome ini dengan demam scarlet, Rocky Mountain spotted fever, dan Rheumatoid Arthritis pada anak.

Pengobatan harus segera dilakukan sebelum terjadi komplikasi. Pemberian cairan Gamma Globulin (sejenis antibodi pada manusia) dan Vitamin secara intravena biasanya dapat memberikan respon yang baik dalam beberapa hari setelah mulai pengobatan. Pemberian Aspirin dosis maksimal dapat dipakai untuk menghindari komplikasi pada jantung.

Kawasaki Syndrome pada wajah

Kawasaki Syndrome pada wajah

Bercak kemerahan di perut

Bercak kemerahan di perut

Kawasaki Sindrom pada tangan

Kawasaki Sindrom pada tangan

sindroma kawasaki di paha

sindroma kawasaki di paha

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s