PUS – LING & PENGOBATAN GRATIS DESA “MAKMUR KARYA”/ GALAM RABAH KAMPUNG

kemarin tanggal 30 Juli 2009..tim pus-ling Galam rabah kampung (dr. Hendra, Subhan, Puguh, Azizah, Iin, Nurdiana, Lis Anna, Sugi, dan Wahid ) berangkat menunaikan tugas..

start dari Puskesmas induk sekitar jam setengah 10-an dan tiba disana sekitar jam 11-an. yupz..!! cuma 1 jam an lebih..but..jalan na itu lo!!! hmmmm..^_^.. lewat hutan karet….menembus gerombolan galam….trus menyusuri jalan yg baru di buat di samping kanal alias sungai lurus yang juga sambil di keruk by mesin pengeruk yg hampir nyantol di ambulan kami..he… (kebalik kali..ambulan kami yg hampir kena mesin pengeruk nya..^_^)

sesampai nya di sana kami langsung di sambut (ciiee..bahasa na ^_^) oleh masyarakat yg mo berobat..wuiih..hampir 150-an pasien lho..!!!. bayangkan aja kami start pelayanan mulai jam 11 sampai jam 3-an…..(mantapz..!), belum lagi ada tambahan beberapa pasien yang minta tolong  p’dokter di datangi kerumah..termasuk p’ pembakal sendiri (kepala Desa).

beberapa pelayanan yang kami lakukan adalah pelayanan pengobatan gratis, pelayanan konsul KB, pelayanan pemeriksaan ibu hamil, sedikit penyuluhan tentang PHBS orang per orang, penyuluhan gizi, pelayanan cabut gigi pada anak – anak, sosialisasi penggunaan dan manfaat membawa KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari kami  (meskipun masih banyak ja yang bandel ga’ membawa KTP dengan alasan lupa – lupa ingat ^_^..it’s ok).. yupz..tanpa KTP pun masyarakat akan tetap dilayani gratis  dengan sebaik – baik nya..dan menjadi PR kami ke depan nya agar bisa serta mampu mengajak dan m’buat masyarakat sadar penting na KaTePe..!!!!!! alias Kartu Tanda Penduduk dalam pelayanan kesehatan gratis ni.

selain itu, juga ada sedikit sosialisasi ke masyarakat yang datang berobat tentang alat filter untuk mendapatkan air bersih yang layak pakai dan layak minum. jadi ada semacam program dari Dinas kesehatan untuk membantu masyarakat di Kab. Banjar khusus nya yang tinggal di daerah terpencil yang kesulitan mendapatkan air bersih. hanya dengan membayar uang sebesar Rp250.000,- sudah bisa mendapatkan alat tersebut yang penggunaan  nya bisa sampai 1 tahun baru di ganti..(murah dan hemat kan…???..he..). konon, katanya harga aslinya jutaan..so kesempatan yang langka to??

yupzz… akhir nya dengan pasien 150-an orang jadilah tim kami baru meninggalkan daerah tersebut sekitar jam 4-an..(ane sendiri baru sampe rumah hampir magrib..^_^)..meskipun begitu..perjalanan melelahkan ini dibayar impas dengan antusiasme tinggi dari masyarakat sana yang datang berobat (baik yang sakit beneran maupun yang cuma ikutan nongol..he..)

wal akhirul kata ..terima kasih banyak untuk masyarakat desa Makmur karya dan sekitar nya.. dan applaus untuk tim pus-ling PKM Simpang Empat ..semoga dapat meningkatkan mutu pelayanan na untuk di masa yang akan datang ^_^

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s