(Kumpulan Artikel) PISANG-PISANG YANG BERHARGA BAGI TUBUH KITA

Tahukah Anda, buah pisang yang lezat rasannya itu ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram. Jadi bisa Anda bayangkan kan betapa besar manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi pisang setiap harinya, perhatikan hal-hal dibawah ini dan mulai jadikan pisang sebagai cemilan Anda sehari-hari!

Manfaat bagi Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi atur konsumsi Anda karena dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori yang terlalu besar untuk calon buah hati Anda.

Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut
Pisang yang dicampur dengan susu cair atau dimasukkan dalam segelas susu cair, dapat dihidangkan sebagai obat untuk penyakit usus. Selain itu, cara seperti ini juga direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik guna menetralkan keasaman lambung.

Manfaat bagi Luka Bakar
Tidak hanya buahnya saja yanag bermanfaat, tetapi daun pisang pun dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles karena campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh yang dapat mendinginkan kulit dan menyembuhkan luka bakar.

Manfaat bagi Diabetes
Masyarakat Gorontalo di Sulawesi Utara menganggap jenis pisang goroho atau pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus. Caranya, buah pisang goroho yang belum matang dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut muda.

Masyarakat Gorontalo di Sulawesi Utara menganggap jenis pisang goroho atau pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus. Caranya, buah pisang goroho yang belum matang dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut muda.

Pisang dan Kecantikan
Jika Anda mulai merasa putus asa karena jerawat yang terus bermunculan dan sepertinya cara apapun tidak lagi bisa menolong, cobalah pengobatan alami dengan buah pisang. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu kemudian dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit dan basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 2 minggu dapat membuat kulit Anda tampak bersih bersinar dan jauh dari jerawat.

PISANG bisa disebutkan sebagai buah kehidupan. Kandungan kalium yang cukup banyak terdapat dalam buah ini mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak. Kalau darah, jantung, dan otak terganggu, bukankah kehidupan manusia terancam?
Selain itu, kandungan Vitamin A yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ISPA, kulit bersisik, dan kebutaan. Manfaat lain, pisang bisa menjadi pengganti makanan pokok, sehingga mengurangi ketergantungan rakyat Indonesia terhadap beras.

Dalam “Medicinal Uses of Bananas” menyebutkan, bahwa pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet, kulit pisang dapat digunakan sebagai cream anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung, dan sebagainya.

Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah.
Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari. Atasi kecandungan nikotin
Untuk Anda yang sering menguap, padahal tidak mengantuk berarti oksigen di dalam otak agak terganggu. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda sering mengonsumsi pisang. Karena pisang mengandung banyak kalium, maka dapat mengembalikan kadar kalium dalam tubuh dan melancarkan pengiriman oksigen ke otak. Selain itu, pisang juga sangat baik bagi ibu yang mengandung. Kandungan asam folat di dalamnya mudah diserap oleh janin, juga baik bagi perkembangan sistem saraf janin. Selain itu, pisang juga dapat dijadikan sumber kekuatan tenaga karena mengandung gula yang dapat diubah sumber tenaga dan dapat menghilangkan rasa lelah.

9 Komentar

  1. pisang nya untuk pengobatan jerawat yang mana jenis nya , Dok?

  2. Jerawat? saya pakarnya hub 087871331888

  3. Saya seorang mahasiswa keperawatan S1,,
    saat ini saya membutuhkan data mengenai pisang sebagai pencegah ISPA,,.

    mohon balasannya,, saya butuh secepatnya sebagi bahan KKTM saya..
    terimakasih

    • Baik kami akan mencoba membantu anda. Semoga artikel selanjutnya dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih atas perhatian anda.

  4. jenis pisang untuk obat jerawat itu, kira2 pisang jenis ap ya?
    berapa lama masa penyembuhan jerawatnya?

  5. pisang goroho untuk diabetes bisa dibeli di mana ya ? apa harus ke sulawesi ?
    saya di sby .. kalo di sby di mana tempat beli pisang goroho ?

    apa harus dikukus dulu atau bisa langsung dimakan untuk penderita diabetes ?

    • Pisang Goroho memeang berasal dari Sulawesi, mungkin jika di Surabaya, Anda dapat mencoba di toko Buah Hokky atau yang lainnya (kebetulan saya dulu kuliah di Surabaya, toko ini cukup lengkap aneka buah-buahannya), atau memesannya melalui toko-toko tersebut. Untuk mengkonsumsinya, tidak ada cara khusus, dapat anda kukus atau juga memakannya langsung. Semoga info ini dapat bermanfaat bagi Anda. Kami doakan agar yang bersangkutan dapat segera terkontrol kadar gula darahnya. Amin…

  6. gimana sich cara ngilangin nya saya sudah mencoba berbagai jenis obat tapi hasilnya tidak ada yang memuaskan

    please help me………………………………
    thank”s

  7. skdar info.pisang goroho mmg hanya trdapat di sulawesi utara(manado)dan itu merupakan pisang favorit masyarakat stmpt.pisang giroho umumnya di konsumsi saat msh mentah,biasanya di goreng,kukus atau rebus.rasanya mmg khas, tawar tapi gurih.dan biasanya dimakan dgn sambal khas manado/dabu2 bekasang atau dabu2 ikan roa.namun pisang goroho jika sdh matang akan berasa manis keasam-asaman.kadang skali masyarakat sulawesi utara mengkobsumsi pisang tsb di saat matang.justru hal tsb tdk disukai.aku asli manado.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s