STRAWBERRY : BUAH SEGUDANG MANFAAT PLUS ANTI KANKER

1001 Manfaat Stroberi

Ukurannya mungil dengan bentuk yang cantik. Warnannya merah menyala, membuat siapa saja akan tergoda untuk menyantapnya. Citarasanya asam segar, cocok dijadikan bahan jus, selai, topping kue atau dimakan segar sebagai buah meja.Tanaman herba asal Chili, Amerika ini memang kaya manfaat. Vitamin C yang tinggi berperan dalam meningkatkan produksi hormon seks dan memperlancar aliran darah menuju organ intim.Kandungan lain seperti antianaemic dan reconstituent juga baik untuk menjaga stamina tubuh.Stroberi (Fragaria spp) sangat kaya akan nutrisi, setiap 100 g stroberi mengandung seperti protein 0.8 g, lemak 0.5 g, karbohidrat 8 g dan energi 37 kkal. Sedangkan mineral potensial terkandung kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, zat besi 0,8, magnesium 10 mg, potassium 27 mg, selenium 0,7 mg, vitamin A 60 SI, vitamin C 0,03 mg dan asam folat 17,7 mcg asam folat. Beberapa fitokimia mampu menangkal kanker, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko diabetes.Menurut American Cancer Society, vitamin C di dalam stroberi dapat menurunkan risiko kanker saluran pencernaan. Beberapa senyawa fitokimia yang terdapat pada buah stroberi adalah diantaranya antosianin, asam ellagik,katekin, kuaerferin dan kaemferol.Antosianin tergolong dalam komponen flavonoid. Senyawa ini merupakan pigmen pemberi warna merah pada stroberi. Anthocyanin memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh diabetes.Selain zat gizi, stroberi juga mengandung senyawa fitokimia yang disebut etlagic acid, yaitu suatu persenyawaan fenol yang berpotensi sebagai antikarsinogen dan antimutagen. Senyawa karsinogen yang memicu timbulnya kanker tersebar luas di lingkungan kita. Senyawa fitikomia ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan berguna sebagai anti virus.

Sahabat jantung dan otak
Disamping itu, potassium di dalamnya merupakan salah satu mineral yang disarankan untuk ada dalam pola menu orang yang ingin menurunkan tekanan darah. Makan strawberi bisa membantu, karena satu gelas straberi mengandung sekitar 270 miligram potassium. Jumlah yang sama uga menyumbang sekitar 4 gram serat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernaan.

Selain, vitamin C, potassium, dan serat yang sudah diketahui bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak, stroberi juga mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat, yakni asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat, dan antosianin. Senaywa-senyawa ini diketahui mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab orang kena serangan jantung atau stroke

Strowberi yang menyehatkan
Manfaat stroberi menurut SDA (United State Department of Agriculture).
Stroberi tidak hanya sedap dimakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda simak:

  • Stroberi kaya vitamin C, dan tingkat keasaman vitamin C-nya aman untuk lambung
  • Stroberi bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi.

Karena itu, penggunaan masker stroberi sangat bermanfaat. Caranya: haluskan stroberi, campur dengan sedikit yogurth, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

  • Mengonsumsi satu cangkir stroberi setiap hari bisa menurunkan resiko berbagai jenis kanker. Diantaranya kanker leher rahim, payudara, olon, dan tenggorokan.
  • Khasiat stroberi tidak akan berubah, meski sudah diolah menjadi jus, kue, ataupun selai. Riset membuktikan, roti bakar yang diolesi selai stroberi mengandung antioksidan 50 persen lebih banyak dibanding stroberi segar
  • Stroberi juga berguna untuk memutihkan gigi. Daripada menggunakan bahan kimia sebagai pemutih, lebih baik Anda mengynyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.
  • Kandungan stroberi juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit tubuh, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cobalah berendam dalam potongan buah stroberi, campur susu dan minyak zaitun. Gosok ke seluruh badan Anda, lihat hasilnya. Jika rutin dilakukan, kulit akan menjadi lebih halus, tidakkusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.
  • Stroberi berkhasiat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika Anda secara rutin mengonsumsi stroberi, paling tidak satu sampai tiga cangkir.http://iwandahnial.files.wordpress.com/2008/09/beri-6.jpg

Stroberi vs Kanker

12 jenis buah yang pernah diteliti jumlah antioksidannya, stroberi mencatat skor tertinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh bahan-bahan penimbul kanker. Caranya, dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker.

Baik zat-zat tertentu dalam stroberi maupun stroberinya sendiri ternyata punya sifat anti kanker. Dalam percobaan terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara.

Beberapa studi juga menunjukkan, asam ellaik yang ada dalam stroberi bisa menghambat kanker paru-paru., kerongkongan, payudara, kulit, dan kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan-bahan kimia. Dalam percobaan dengan sek kanker payudara, asam ellagik bisa menghambat pertumbuhannya sampai 45 persen. Kuercetin juga telah diketahui bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara

Satu mangkuk (144 g) strawberry mengandung sekitar 45 kalori (188 kJ) dan merupakan sumber vitamin C (82mg) dan flavonoid (suatu antioksidan).

Nutrient Units 1 cup, whole

144 g
Proximates
Water g 132
Energy kcal 43
Energy kJ 181
Protein g 0.88
Total lipid (fat) g 0.53
Carbohydrate, by difference g 10.1
Fibre, total dietary g 3.3
Ash g 0.62
Minerals
Calcium, Ca mg 20
Iron, Fe mg 0.55
Magnesium, Mg mg 14
Phosphorus, P mg 27
Potassium, K mg 240
Sodium, Na mg 1.44
Zinc, Zn mg 0.19
Copper, Cu mg 0.07
Manganese, Mn mg 0.42
Selenium, Se µg 1.01
Vitamins
Vitamin C, ascorbic acid mg 82
Thiamin mg 0.03
Riboflavin mg 0.1
Niacin mg 0.33
Pantothenic acid mg 0.49
Vitamin B-6 mg 0.09
Folate µg 25
Vitamin B-12 µg 0
Vitamin A, IU IU 39
Vitamin A, RE µg RE 4.3
Vitamin E mg ATE 0.20
Nutrient Units 1 cup, whole

144 g
Lipids
Fatty acids, saturated g 0.03
16:0 g 0.02
18:0 g 0.006
Fatty acids, monounsaturated g 0.075
16:1 g 0.001
18:1 g 0.073
Fatty acids, polyunsaturated g 0.27
18:2 g 0.16
18:3 g 0.11
Cholesterol mg 0
Phytosterols mg 17
Amino acids
Tryptophan g 0.01
Threonine g 0.027
Isoleucine g 0.02
Leucine g 0.045
Lysine g 0.036
Methionine g 0.001
Cystine g 0.007
Phenylalanine g 0.026
Tyrosine g 0.030
Valine g 0.026
Arginine g 0.037
Histidine g 0.017
Alanine g 0.045
Aspartic acid g 0.20
Glutamic acid g 0.13
Glycine g 0.035
Proline g 0.027
Serine g 0.033

1 Komentar

  1. bagus sekali artikelnya, kita semakin tau fungsi strawberr dan akan semakin rajin mengonsumsinya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s