(Kumpulan Artikel) MAKANAN MURAH MERIAH DAN (yang paling penting) BERGIZI

Tahu Sebagai Sumber DHA : Tahu adalah makanan yang biasa ada di menu kita sehari-hari. Ada berbagai macam cara mengolah tahu, dan rasanya yang enak membuat tahu disukai oleh seluruh keluarga. Tahukah Anda bahwa tahu juga mengandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan tubuh balita? Tahu merupakan salah satu sumber alami DHA, yang dibutuhkan si kecil untuk perkembangan otaknya. Selain itu, tahu juga mengandung protein yang tinggi, dan juga kalsium dan zat besi yang penting bagi kesehatannya.

Bawang Putih Yang Kaya Inulin : Bawang putih dapat menyedapkan rasa masakan kita, dan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Ternyata, bawang putih tidak saja berguna untuk menyedapkan rasa masakan, tetapi juga mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh si kecil. Bawang putih merupakan salah satu sumber alami dari inulin prebiotik, dan mengandung berbagai macam vitamin seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C. Bawang putih juga mengandung beta karotin yang berguna untuk daya tahan tubuh, zat besi dan kalsium. Inulin Prebiotik : Prebiotik adalah bahan makanan yang meningkatkan daya kerja dari probiotik (bakteri yang menguntungkan) di dalam saluran pencernaan, terutama Bifidobacteria dan Lactobacillus acidophilus. Inulin (serat yang tidak dicerna) adalah prebiotik yang membantu pertumbuhan dari bakteri yang baik ini di dalam usus. Gunanya adalah sebagai makanan bagi organisme ini. Lactobacillus dan Bifidobacteria dapat mencerna inulin untuk kita, dan lalu meningkatkannya sebanyak 5 sampai 10 kali dalam volume. Hubungan yang sinergistik ini dikembangkan dimana jumlah keseluruhan lebih besar dari jumlah per bagian.

Walaupun inulin tidak dikenal secara umum sebagai makanan fungsional atau suplemen (makanan yang memberikan keuntungan kesehatan melebihi nutrisi dasar), inulin adalah bahan alami yang ditemukan dalam lebih dari 35.000 tumbuhan dan sayuran di seluruh dunia. Karena inulin adalah produk tumbuhan alami yang sudah biasa dikenal manusia, resiko reaksi alergi atau ketidakcocokan akan inulin sangatlah minimal.

Inulin bisa didapat dari sumber-sumber seperti gandum (69%), bawang bombay (23%), pisang (3%), bawang putih (3%) dan 2% dari sumber lain seperti asparagus, kismis dan artichoke. Karena inulin adalah serat yang bisa dilarutkan, inulin membantu mempertahankan fungsi usus yang normal, mengurangi susah buang air besar, mengurangi kolesterol dan trigliserida, dan juga membantu menormalkan tingkat gula darah. Semua orang dapat merasakan manfaat inulin, mulai dari si Kecil sampai ke seluruh keluarga. Inulin bisa menjadi pengganti lemak seperti juga pengganti gula, tetapi inulin bukanlah bahan kimia. Penelitian membuktikan bahwa nilai nutrisi dari inulin melebihi dari serat yang biasa.

Inulin juga bisa menjadi peningkat kalsium. Secara rata-rata, tubuh hanya menyerap sekitar 30% dari kalsium yang didapat dari makanan maupun susu. Banyak orang tidak menyadari hal ini. Dalam masa pertumbuhan, ada kemampuan menyerap kalsium yang lebih tinggi. Dan bila dibantu dengan inulin, daya tubuh si Kecil dalam menyerap kalsium akan lebih baik lagi, yang pada akhirnya akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Inulin juga mempunyai potensi untuk memiliki efek yang menguntungkan dalam pencegahan kanker. Bifidobacteria mencerna inulin menjadi asam lemak rantai pendek seperti propionic acid dan butyric acid. Butyric acid telah terbukti mempunyai kemampuan untuk mencegah kanker pada usus besar. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa inulin mencegah perubahan pra-kanker di usus. Masih banyak penelitian lain yang harus dilakukan, tetapi penelitian yang sudah ada memberikan hasil yang menjanjikan.

Jagung Untuk Perkembangan Otak : Jagung, selain mengandung berbagai macam Vitamin seperti Vitamin A, B1, B3, B9 dan Vitamin C, juga mengandung zat besi, protein, potasium dan Magnesium yang berguna untuk kesehatan. Selain itu, jagung juga merupakan salah satu sumber alami asam lemak Omega-6 yang berguna untuk membantu perkembangan otak si kecil.

1 Komentar

  1. bermanfaat. tambah lagi jenis makanannya dong!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s