KUMPULAN ARTIKEL TENTANG RAMBUT RONTOK

SIKLUS PERTUMBUHAN RAMBUT
Kerontokan rambut sebenarnya hal yang normal karena rambut memiliki siklus hidup sendiri. Yang perlu diwaspadai adalah jika kerontokan terjadi berkepanjangan, dengan jumlah rambut yang rontok melebihi 100 helai per hari.
Sehelai rambut dapat bertahan tumbuh 3-5 tahun di kulit kepala yang sehat. Pada satu pori kulit kepala, rata-rata akan terjadi proses regenerasi pertumbuhan rambut hingga sebanyak 20 kali. Rambut tumbuh dan bertambah panjang kurang lebih 12 mm dalam kurun waktu satu bulan. Jika tidak mengalami pemotongan, rambut tersebut akan terus tumbuh hingga sepanjang 107 cm, sebelum rontok dan mengalami pertumbuhan baru pada pori yang sama.
Dalam ‘hidupnya’, setiap batang rambut akan melewati 3 tahap pertumbuhan. Pertama, fase anagen, di mana rambut secara aktif tumbuh dan bertambah panjang. Fase ini berlangsung kira-kira 3-5 tahun. Fase kedua adalah katagen. Pada fase yang berlangsung antara 3-4 minggu ini, pertumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat sebelum akhirnya berhenti. Fase ketiga disebut sebagai fase telogen. Folikel rambut mengecil dan bergerak lepas ke permukaan kulit kepala. Proses ini berlangsung selama 3-4 bulan. Setelah melewati ketiga fase ini, rambut baru akan tumbuh lagi untuk menggantikan yang sudah rontok. Siklus pertumbuhan ini memakan waktu hingga 4 tahun, dan dapat berulang sebanyak 25 kali.
Fase-fase tersebut, pada kenyataannya sering kali tidak berjalan sempurna. Kulit kepala yang tidak sehat/sensitif, ketombe, kulit kepala berminyak, hormon yang tidak stabil saat hamil atau setelah melahirkan, konsumsi obat-obatan tertentu (pil KB, hormone replacement therapy), stres, dan terlalu banyak terpapar produk kosmetik rambut, memicu terjadinya kerontokan rambut ‘prematur’ (terjadi sebelum waktunya). Faktor lain yang tak dapat disepelekan, yang dapat menyebabkan kerontokan permanen, adalah faktor keturunan. Anda yang memang memiliki garis keturunan kerontokan rambut, perlu mencegahnya lebih dini. Cukupi asupan biotin (vitamin B kompleks) yang banyak terdapat pada hati, kacang-kacangan, susu, yoghurt, kuning telur, dan sereal.
Pertumbuhan rambut akan melambat seiring dengan bertambahnya usia. Untuk memelihara pertumbuhan rambut yang sehat, pijatlah kulit kepala secara teratur, setiap kali Anda keramas. Pijatan ringan ini dapat merangsang aliran zat-zat gizi, oksigen, dan darah menuju folikel rambut.

GEJALA & PEMICU KERONTOKAN RAMBUT:

  • Rambut makin menipis, kepadatan helai rambut berkurang.
  • Jumlah helai rambut yang rontok makin banyak (saat keramas, di bantal, atau ketika menyisir rambut).
  • Ketidakseimbangan atau kelainan kondisi kulit kepala. Misalnya, kulit kepala berminyak, berketombe, sensitif, dan perkembangan bakteri yang tidak ditangani segera.
  • Adanya kecenderungan mengalami kebotakan dalam garis keturunan keluarga. Makanan untuk Cegah Rambut Rontok : (Fokuslah pada makanan yang kaya protein, besi, silica, serta seng.)
  • Makanan laut: Laki-laki yang mengalami kerontokan rambut biasanya mengalami kekurangan seng. Seng berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari reproduksi sel hingga mengatur keseimbangan hormon, dan semua fungsi ini mempengaruhi pertumbuhan rambut. Yang paling penting, seng mengatur kelenjar yang melekat di folikel rambut Anda. Jika kadar seng rendah, folikel akan lemah, sehingga rambut mudah rontok.
    Untuk mengatasi masalah ini, konsumsilah makanan kaya seng seperti daging merah, unggas, kepah, udang, kecang-kacangan, dan kerang. Seng dalam jumlah berlebih juga bisa memicu kerontokan rambut, jadi lebih baik mengikuti diet kaya seng dibandingkan mengonsumsi makanan ini sekaligus juga menggunakan suplemen seng.
  • Tauge : Anda mungkin jarang mendengar kata silica yang berkaitan dengan diet. Tapi, jika ingin membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok, ada baiknya menambahkan silica ke dalam dafter diet Anda. Silica membantu tubuh menyerap vitamin-vitamin dan mineral. Jika tidak mengonsumsi silica, konsumsi vitamin Anda tidak akan banyak membantu. Silica ini bisa ditemukan dalam tauge serta kulit mentimun, cabe merah dan cabe hijau, serta kentang. Ingat juga, Anda akan mendapatkan nutrisi lebih banyak jika mengonsumsi makanan ini dalam keadaan mentah.
  • Kismis : Besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, bagian darah yang berperan mengangkut oksigen ke seluruh organ dan jaringan. Jika hemoglobin Anda berada pada kadar sehat, oksigen bisa disebarkan dengan benar. Artinya, kulit kepala Anda juga mendapatkan aliran darah yang baik. Hal ini akan menstimulus dan memicu pertumbuhan rambut.
    Menambah asupan besi bukan berarti Anda harus selalu mengonsumsi liver setiap harinya. Anda bisa menggantinya dengan sesuatu yang manis seperti buah kering (seperti kismis) dan jus cherry yang juga kaya akan besi. Selain itu, telur, sayuran hijau seperti kol, serta sereal whole grain juga kaya akan besi. Anda juga perlu menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, stroberi dan lemon. Vitamin C ini akan meningkatkan penyerapan besi.
  • Almon : Diet yang tinggi lemak berkaitan erat dengan peningkatan kadar testosteron. Kadar testosteron tinggi bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Karena itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi almond. Almond kaya akan vitamin E dan seng yang berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Kerang : Kerang juga merupakan sumber lain untuk mendapatkan seng. Seng akan berperan dalam produksi sel dan mengatur keseimbangan hormon. Kedua proses ini akan mempengaruhi pertumbuhan rambut.
  • Daging sapi : Daging sapi kaya akan protein, besi dan seng. Seng berfungsi mengatur kelenjar yang melekat di kantung rambut. Rambut, sebagian besar terbuat dari protein. Jadi, masuk akal kalau diet protein tinggi akan mencegah rambut rontok.
  • Susu : Susu bukan hanya sumber kalsium yang baik. Tetapi, susu juga kaya akan yodium, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku.
  • Kedelai hitam : Kedelai hitam dan kacang polong jenis lainnya merupakan sumber yang kaya akan protein dan besi.
  • Kacang panjang/buncis : Kacang panjang/buncis juga masih termasuk dalam keluarga kacang polong. Jenis ini kaya akan seng dan vitamin B6. Keduanya sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut.
  • Telur : Telur dan produk susu lainnya seperti yogurt merupakan cara yang baik untuk menambah jumlah protein ke dalam diet Anda. Telur kaya akan nutrisi penting seperti selenium dan magnesium.
  • Ikan todak (sword fish) : Ikan todak merupakan makanan yang kaya seng dan protein. Selain itu, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan.
  • Jeruk : Jeruk merupakan sumber vitamin C. Vitamin C membantu tubuh menyerap besi dari daging dan makanan yang terbuat dari kedelai. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Rambut rontok dan kebotakan merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang. Berbagai upaya dilakukan untuk menghindari masalah tersebut. Ratusan ribu duit melayang untuk melakukan perawatan rambut di salon salon ternama berikut membeli obat obatan pencegah rambut rontok dengan berbagai macam merk.

Secara garis besar, kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor herediter atau keturunan dan faktor didapat. Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang didapat, ada yang disebabkan oleh karena penyakit dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :

  • Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
  • Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.
  • Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
  • Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
  • Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.
  • Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
  • Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
  • Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
  • Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  • Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.
  • Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas.

Ada beberapa penyebab rambut rontok. Bisa karena salah perawatan atau kimiawi yang tak cocok dengan atmosfer kulit kepala, atau karena kondisi kesehatan Anda. Jika Anda tak pernah merasa melakukan perawatan kimiawi pada rambut, berarti ada yang kurang sehat dengan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa kondisi tubuh kurang sehat yang bisa mencetuskan rambut rontok yang dibeberkan oleh Diane Berson, MD, dari Weill Cornell Medical College di New York, Amerika.

1. Anemia
Rambut rontok karena anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Cara menanganinya; padukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, dengan cara murah dan efektif.

2. Obat-obatan tertentu
Obat-obatan keras, seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut. Cara mengatasinya, cobalah bicarakan dengan dokter Anda, apakah mungkin untuk menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan untuk mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif.

3. Hypo atau hyperthyroidism
Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat-obatan untuk mengatasi kedua kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid Anda.

4. Kekurangan kalori
Biasanya wanita akan melakukan segala hal untuk menurunkan berat badan. Termasuk diet ketat rendah kalori, yang akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram. Untuk mengurangi dampak ini, pastikan untuk terus mendapatkan protein yang cukup dalam diet. Protein adalah zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut dan kuat.

5. Stres
Tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dengan kondisi bahwa kerontokan rambut akan terjadi di beberapa minggu berikutnya. Solusinya? Relaksasi, bisa lewat yoga, terapi, meditasi, atau lainnya. Hindari tekanan dan stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut sebelum benar-benar terjadi kebotakan. Jika pori-porinya belum tertutup, rambut akan sulit tumbuh. Maka, atasi sesegera mungkin agar rambut bisa tumbuh kembali.Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Sedangkan pria seringkali bermasalah dengan kebotakan. Rambut Rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kita. Untuk mengatasinya, coba beberapa tips berikut ini:

1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah.
Biarkan saja rambut anda kering secara alami. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik sedikit saja. Kebiasaan menyisir rambut ketika basah harus anda hentikan mulailah merawat dan menyayangi rambut anda agar anda tidak mempunyai rambut rontok.
2. Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang.
Jika anda menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya sisir rambut anda terlebih dahulu (sebaiknya gunakan penyubur rambut & obat rambut rontok untuk perawatan rambut anda). Cara ini akan membuat rambut anda lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.
3. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer.
Jika anda terpaksa menggunakannya sebaiknya pakai suhu yang rendah. Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10 – 15 cm dari batang rambut. Keseringan mengeringkan rambut akan membuat kelembaban rambut anda rusak.
4. Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda.
Apalagi saat anda tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut anda mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.
5. Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika anda berada di bawah sinar matahari atau gunakan.
6. Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda.
Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.
7. Lakukan perawatan pada rambut secara khusus setidaknya minimal 2 minggu sekali.
Lakukan kegiatan creambat, masker dan hair spa untuk memperindah dan menyehatkan rambut anda.

5 Komentar

  1. Aku justru bila melihat kepalaq botak dan licin pengen mengelusnya,jadi aku pengen botak dgn alami,ada yg bisa bantu agar menjadi botak….?

  2. hah?o_O
    botak alami?
    u must be crazy

  3. saya berumur 18thn..saat mandi (rambut keadaan basah) rambut saya banyak sekali yg rontok dan menempel di tangan. kira2 apa penyebabnya dan gimana cara ngobatinnya?

    • Jika jumlahnya kurang dari 100/hari, biasanya masih dianggap normal, tapi jika lebih dapat menimbulkan kebotakan (kami menyebutnya alopecia), obat dari kerontokan rambut harus dicari penyebabnya, jika penyebabnya infeksi kulit, maka kami sarankan untuk mengobatinya dengan salep atau tablet antibiotik, jika Jamur, anda bisa memberikan shampo dengan komposisi ketokonazole, jika penyebabnya hormonal (hormon), kami sarankan untuk diperiksa lebih lanjut di dokter Sp. Kulit Kelamin di kota Anda. Semoga Anda dapat cepat menemukan solusi terbaiknya. Amin..

  4. Bisa ga kalo rambut yang sudah mengalami kebotakan dapat tumbuh kembali secara alami?
    Terus langkah apa yang harus dilakukan, thanks ………..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s